Saturday , 21 September 2019

Democrats and Republicans in Congress

Written by: Reza Aswin, Jakarta 25 Juli 2011, 11.17 am

Perdebatan   politik   antara partai Demokrat dengan Republic mengenai kenaikan  plafon  hutang  AS  guna  menghindari default hutang  semakin mendekati batas akhir tanggal 2 Agustus 2011. Downgrade rating  kredit  semakin  membebani  Greenback jika kesepakatan tidak di capai dan itu berarti terjadi ancaman resesi global, mengingat US saat ini merupakan Negara dengan rating AAA yang berarti Negara teraman untuk tujuan investasi. Hambatan   utama   masih   mengenai   permasalahan kenaikan  pajak  yang  diajukan  Obama  dari  partai Demokrat  dan  penentangannya  oleh  partai  Republik. John  Boehner,  mengatakan  “tidak  ada  tanda-tanda” kesepakatan,      namun      terus    mencari      cara menghindarkan  AS  dari  default. Boehner  mengatakan telah “menyelesaikan     tugasnya”     memecahkan kebuntuan   dalam   menaikkan batas   hutang   dan mengatakan ini waktunya bagi Senat untuk bertindak.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner, Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke dan President Bank Sentral Amerika untuk wilayah New York William Dudley bertemu untuk membahas implikasi bagi perekonomian Amerika jika Kongres gagal untuk menaikkan plafon utang. Seorang juru bicara Departemen Keuangan mengatakan bahwa pemerintah Amerika masih tetap yakin DPR dan Senat akan menetapkan undang-undang untuk meningkatkan plafon utang Amerika. Beberapa analis berpendapat bahwa Obama bisa mengabaikan Kongres jika gagal untuk menaikkan batas pinjaman utang dan ketertiban dilanjutkan dengan mengandalkan Amandemen 14 Konstitusi AS.
(The fourth section of the 14th Amendment states that the United States’ public debt “shall not be questioned.”). Walaupun secara hukum amandemen tersebut belum tentu  dibenarkan penggunaanya tetapi dapat dimungkinkan amandemen tersebut  akan dipergunakan untuk menghadapi batas waktu yang ada.

Kebijakan Fiskal memang penuh dengan trick trick politik dan kepentingan dimana kekuasaan dan kepentingan partai akan sangat terlihat dalam beberapa waktu kedepan. Banyak Analis mengatakan bahwa Kesepakatan bisa saja terjadi pada saat saat terakhir.

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

WhatsApp chat