Saturday , 21 September 2019

Don’t Miss It…..

Mulai dari tanggal 15 – 21 Juni 2012 (Dini hari) kita akan melihat pasar bergejolak dengan sangat fluktuatif. Adapun ada beberapa event penting yang melanda market saat itu. Antara lain:

1. 15 juni 2012 Kebijakan Moneter Bank of Japan

2. 19 Juni 2012 Pemilu ulang di Yunani

3. 20 Juni 2012 Kebijakan Moneter The Fed.

Japan

Japan menjadi sangat penting saat ini karena negara yang notabene sebagai negara export dan penghasil $ karena negara dengan Pasar  terbesar ke tiga setelah China ini, mulai merasa terganggu atas penguatan yen akhir akhir ini. BOJ menahan diri menambah stimulus moneter dalam pertemuan bulan lalu sehingga dijadwalkan untuk melangsungkan pertemuan kebijakan 2 hari pada 14 – 15 Juni 2012.

Menteri Keuangan Jun Azumi 5 Juni lalu menjelaskan kepada anggota Group of Seven lainnya bahwa apresiasi yen telah menyebabkan kerusakan serius bagi perekonomian Jepang.

Wakil Menteri untuk urusan luar negerinya dan pejabat mata uang nasional Jepang, Takehiko Nakao mengatakan bulan lalu bahwa Jepang harus bersiap untuk menahan pergerakan yen jika diperlukan.

International Monetary Fund (IMF) mengatakan bahwa nilai mata uang Jepang telah terlalu tinggi dan bank sentral harus mempertimbangkan pengucuran stimulus lebih lanjut.

“Retorika Jepang, komentar IMF, ekspektasi akan adanya beberapa pelonggaran kebijakan lanjutan dari Bank of Japan, semuanya mengarah ke pergeseran peran safe haven dari Yen ke Dollar AS,” kata Vassili Serebriakov, analis mata uang Wells Fargo& Co. di New York.

 Yunani

Sejak tahun 2010 gejala krisis keuangan telah melanda daratan eropa. 2011 penyakit ini mulai meyerang negara Portugal, Yunani, Irlandia dan Spanyol (yang terkenal dengan sebutan PGIS). 2012 Yunani Hair Cut dan menjadi penentu trend bearish untuk pair eurusd. Negara yang telah 2 kali di bailout dan masuk dalam pengawasan Troika ini ternyata harus mengalami goncangan politik yang sangat kuat dimana Partai anti Bailout menguasai mayoritas. Moment pemilu mejadi sarana rumors Greexit

The Fed

Setelah mengakhiri QE 2 di bulan Juni 2011 makaUS $ menjadi safe haven kembali dan Gold terkoreksi cukup tajam setelah rally 34% ditahun 2010. Bencana Finansial di Eropa turut memperburuk data ekonomi amerika pada kuartal ke Dua tahun 2012, sampai sampai Obama menyatakan bahwa keputusan-keputusan mengenai bagaimana menyelesaikan krisis di Eropa secara mendasar ada di tangan para pemimpin Eropa sendiri beserta dengan seberapa kuat niat mereka secara politis. Pernyataan ini disampaikan Obama seminggu setelah Obama menyatakan bahwa pasar tenaga kerja AS tertekan dengan krisis Eropa yang berakibat mengganggu pertumbuhan ekonomi AS. “Mereka memahami seriusnya situasi saat ini dan perlu sekali melakukan sebuah tindakan”, tambah Obama dalam konferensi hari ini. “Apa yang dapat kita lakukan saat ini hanyalah menyarankan dan menasehati, namun sepenuhnya tergantung pada mereka untuk membuat keputusan-keputusan tersebut” imbuhnya.

Member the Fed Chicago meyerukan stimulus tambahan diperlukan untuk membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi amerika. Seruan dan data ekonomi yang buruk memicu rumor bahwa the Fed akan meluncurkan QE3 pada pertemuan FOMC tanggal 20 juni 2012.

Pasar akan bergerak fluktuatif pada tanggal tanggal diatas, dimana puncak nya kan terlihat jelas pada tanggal 20 Juni 2012 disaat Big Ben melakukan konferensi press.

Jangan sampai anda melewati moment terbaik dalam pergerakan market yang akan terjadi nanti.

Pergunakan Leverage yang benar dan have a nice trade……

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat