Saturday , 21 September 2019

Dovish or Hawkish ?

Reza Aswin | 27 April 2015

 

Anda terkejut dengan penguatan euro yang sangat signifikan? Wajar jika ini terjadi mengingat data data daratan eropa membaik dimana laporan sentimen bisnis IFO Jerman yang positif .  Dari inggris notulen rapat kebijakan moneter terakhir Bank of England menunjukkan anggota dewan bank sentral tersebut melihat kemungkinan inflasi naik lebih cepat dari perkiraan.

Jika dianalisa lebih dalam maka sebaiknya kita lepaskan dahulu faktor faktor ekonomi yang ada, cobalah lihat lebih jelas bahwa ” yang terjadi bukanlah penguatan EURO tetapi pelemahan US Dollar” .  Lihat kembali data data ekonomi di eropa antara lain :

EURO ZONE : Data survei  dari ZEW terhadap analis dan investor, yang menunjukkan penurunan optimisme terhadap perekonomian Jerman enam bulan kedepan.

ENGLAND : Data Retail sales turun di bulan maret, Pemilu di Inggris akan dilaksanakan tanggal 7 Mei 2015

Menurut anda apakah data data diatas cukup untuk membuat pair eurusd dan gbpusd tetap menguat ? Kita akan mencoba keluar dari box dimana dengan melihat bahwa tanggal 29 April 2015 dini hari akan ada FOMC Statement dimana para pelaku pasar mulai banyak mencari informasi informasi yang lebih detail tentang ” Kepastian Bulan naiknya suku bunga oleh the Fed”. Sepertinya ini mengada ada bagi sebagian orang yang bertransaksi tanpa terus mengikuti perkembangan kejadian Ekonomi Global yang ada atau memang belum mau berlajar masalah ekonomi. Pencarian informasi oleh pelaku pasar dapat membuat pelepasan semua pair yang dirasakan sudah terlalu tinggi dengan membeli pair yang dirasakan sudah terlalu murah (jika anda bertanya kepada saya, kapan kita mengetahui pair ini terlalu tinggi dan terlalu rendah, secara sederhana saya dapat katakan ; Sebaiknya anda mulailah kembali dengan membuka DEMO ACCOUNT untuk mempelajari REAL TRADING).

Dovish merupakan kondisi dimana para pelaku pasar mulai meragukan pengetatan akan dilakukan bulan Juni. keberadaan inilah yang membuat pelemahan untuk US Dollar, tetapi perlu dicermati bahwa Juni atau September hanya berbeda 2 bulan, jika terdapat data ekonomi dari US yang membaik maka dapat dipastikan DOVISH akan berubah menjadi HAWKISH.

Jika anda mulai bingung dengan analisa diatas maka Sebaiknya anda mulailah kembali dengan membuka DEMO ACCOUNT  sebelum anda kembali masuk dalam REAL TRADING.

 

Are You Ready ?

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat