Euro Sell on Rally……?

Menteri-menteri keuangan akan bertemu di Brussels hari ini pada 3:30 p.m, bertemu dengan Lucas Papademos yang tiba pada malam pertemuan tersebut. Pembicaraan mengenai dana bantuan kedua Yunani dalam dua tahun ini akan bertujuan mendamaikan permintaan yang dibuat oleh pemimpin Yunani, pertukaran hutang diantara kreditur swasta, peran ECB, serta kekhawatiran bahwa semua langkah ini tidak akan menghasilkan apapun.

Merkel, Papademos dan perdana menteri Italia Mario Monti pada 17 Februari menunjukkan keyakinannya bahwa menteri-menteri akan menyelesaikan pertanyaan terbuka, dan Papademos terbang ke Brussels kemarin untuk memfasilitasi diskusi ini. Menurut juru bicara pendanaan Gerry Rice, Christine Lagarde direktur pelaksana IMF juga akan berpartisipasi dalam pembicaraan menteri-menteri keuangan.

Minggu lalu, euro tumbang ke bawah $1,30 karena muncul kabar troika (Uni Eropa, IMF dan ECB) mempertimbangkan menunda pemberian bailout ke Yunani sampai pemilu dilaksanakan secepatnya April. Namun berkat indikasi Yunani akan mendapat bantuan, euro rebound ke $1,3144 akhir pekan lalu. Pasar juga berharap Yunani dapat mencapai kesepakatan dengan kreditor swasta soal pemotongan utang.
Tapi, kalaupun Yunani benar-benar mendapat bailout dan potongan utang, efek positifnya kemungkinan tidak akan bertahan lama.  Para pejabat memperingatkan kesepakatan bailout dan restrukturisasi pun tidak akan mengurangi jumlah utang Yunani seperti yang diharapkan. Target yang disepakati adalah mengurangi utang Yunani hingga menjadi 120% PDB pada 2020.
Alhasil, andaikata euro bisa rally bila Uni Eropa mengabulkan pinjaman ke Yunani, sulit bagi euro bisa bertahan lama di atas $1,33. Para analis mempertanyatakan apakah euro layak diperdagangkan di atas $1,30, mengingat ekonomi Eropa yang terancam resesi. Minggu lalu, data menunjukkan ekonomi zona euro kontraksi 0,3% di kuartal keempat 2011.
Masalahnya bukan hanya soal apakah program penghematan Yunani gagal. Kalaupun berhasil, bagaimana dengan Eropa? Dengan pertumbuhan yang lesu, ditambah dengan ECB memangkas rate dan menyuntikkan likuiditas, banyak kalangan memperkirakan euro bisa ke kisaran $1,20 pada pertengahan tahun.
Sembari menantikan hasil pertemuan Eurogroup, pasar juga menunggu dengan cemas pembicaraan antara Athena dengan kreditor swasta, yang diminta menghapus utang Yunani minimal 50%. Kesepakatan harus sudah ada sebelum utang jatuh tempot 14,5 miliar euro pada 20 Maret.

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

WhatsApp chat