Wednesday , 13 November 2019

Great Depression

Fundamental

14 April 2011 market dikejutkan dengan adanya spekulasi bahwa data produksi industri China akan lebih bagus dibandingkan ekspektasi pada hari Jumat (15/04). Setelah pasar menyesuaikan atas harga yang terjadi maka pada hari jumat saat berita CPI China dirilis, market tidak bereaksi. Ada suatu fenomena baru bahwa data ekonomi China sangat signifikan dalam mengerakkan market dibandingkan dengan Krisis Hutang negara Eropa dan stabilitas politik  di Timur Tengah. Saat ini urutan fokus market adalah:

  1. Kebijakan Moneter The Fed,
  2. Kebijakan moneter dan kebijakan fiskal RRC,
  3. Kesepakatan Pemerintah Jepang dengan G7 dalam intervensi mata uang,
  4. Perekonomian Eropa yang terus mendapat kawalan ketat dari kebijakan ECB
  5. Kebijakan kebijakan fiskal oleh negara negara G7, G20 serta IMF

Para pembuat kebijakan Fed menunjukkan perbedaan pendapat mereka mengenai bagaimana mengatasi percepatan inflasi sebelum laporan menunjukkan indeks harga konsumen di AS naik di bulan Maret kesembilan bulan berturut-turut. Gubernur Fed Elizabeth Duke mengatakan di Washington kemarin bahwa biaya komoditas bukan berasal dari kebijakan moneter AS dan tidak menjamin suku bunga yang lebih tinggi, sementara Fed Gubernur Daniel Tarullo mengatakan ia melihat ada tanda-tanda kenaikan inflasi yang lebih tinggi. Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker dan Philadelphia Charles Plosser mengindikasikan mereka lebih peduli tentang kenaikan harga, dengan Lacker mengatakan bank sentral harus memperketat kredit sebelum kecepatan inflasi meningkat. Apapun pendapat mereka, yang perlu mendapat perhatian adalah keputusan atas pengurangan aset kuantitatif di mana program pembelian obligasi (QE) akan berakhir pada bulan Juni. QE telah menghasilkan banyak likuiditas ke dalam pasar yang menjadi dasar untuk mendorong investor masuk ke saham, sentimen positif bagi kondisi perekonomian AS membaik sepanjang bulan Februari dan Maret dan Pasar kerja dilaporkan menunjukkan perkembangan positif, terutama pada sektor manufaktur ( laporan Beige Book Federal Reserve) . Semua ini membuat pasar sangat rentan terhadap perubahan cepat/mendadak nantinya. Ekspektasi soal bagaimana arah kebijakan moneter Fed terutama nasib stimulus moneternya akan sangat diwaspadai pasar. Karenanya berbagai komentar dari berbagai pejabat Fed yang saat akan menjadi faktor penggerak pasar yang sangat kuat dalam beberapa pekan ke depan terutama Rabu 27 April 2011 pukul 23.30 FOMC akan mengeluarkan kebijakan moneter  untuk suku bunga.

People Bank of China (Bank Sentral China) akhir akhir ini menjadi sorotan pelaku pasar karena disinyalir mempunyai Cadangan devisa mencapai $ 3 triliun, sehingga memicu inflasi, mengancam pertumbuhan ekonomi dunia dan penyebabnya adalah dalam dekade terakhir, surplus perdagangan Cina menganga serta membeli terus-menerus dalam dolar untuk menekan nilai yuan telah menyebabkan cadangan untuk melonjak 17 kali lipat . PBoC telah 4 kali menaikkan tingkat suku bunganya sejak Oktober tahun lalu demi menekan laju inflasi yang masih kukuh di level tinggi. CPI China meningkat 5,4 persen untuk bulan Maret , dari 4,9 persen pada bulan Februari sebelumnya sehingga membuat China Securities Journal mengulas kemungkinan China menaikkan lagi Giro Wajib Minimum (Reserve Requirement) dalam waktu dekat sebagai salah satu upaya untuk menekan laju inflasi dimana PBoC sendiri tercatat telah menaikkan Giro Wajib Minimum (GWM) sebanyak 6 kali sejak Oktober. GWM China terakhir kali dinaikkan tanggal 18 Maret lalu yang mencapai 20 persen (rekor tertinggi) untuk bank bank besar. China Securities Journal menambahkan bahwa PBoC juga mungkin akan menaikkan lagi tingkat suku bunganya tahun ini untuk mencegah lonjakan inflasi dalam beberapa bulan ke depan. (China will continue tightening monetary policy for “some time,” central bank Governor Zhou Xiaochuan said a day after the world’s second-biggest economy reported inflation accelerated to the fastest pace since 2008.)

Issue Fukushima belum 100% mereda dan kembali Yen dihadapkan pada penguat terhadap seluruh mata uang pasangannya setelah inflasi Cina lebih tinggi dari yang diprediksi dan memicu kecemasan bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia akan mengambil langkah lebih jauh untuk mendinginkan pertumbuhan, memicu pelarian dana (ke aset aman). Penguatan mata uang ini tentunya mendapat respon dari Menteri Keuangan Jepang Yoshihiko Noda yang  mendesak negara-negara G7 untuk mengambil tindakan yang sesuai pada mata uang bila diperlukan, sebagai perjuangan negara karena kerusakan akibat gempa bumi bulan lalu dan tsunami. (“Saya menyatakan terima kasih kepada negara-negara G7 untuk bekerjasama dalam intervensi mata uang bersama pada 18 Maret. Saya juga meminta G7 untuk terus mengambil tindakan yang tepat bersama-sama sambil mengawasi pasar dengan ketat,  “katanya kepada wartawan setelah pertemuan dengan mitra G7-nya).

Perekonomian eropa belum seluruhnya pulih walaupn sedikit mulai membaik dimana Irlandia pada Kamis dinyatakan telah lulus review kritis atas kemajuan ekonominya oleh krediturnya tanpa pinalti apapun dan lembaga peringkat Fitch memperbaiki outlooknya dalam sedikit beberapa berita baik bagi negara terhutang. Tahun lalu negara ini harus menerima 85 miliar euro ($120 miliar) bailout dari Uni Eropa dan IMF setelah jatuhnya ledakan konstruksi yang melumpuhkan bank yang telah membiayainya. Kreditur Dublin mengatakan Irlandia telah menyelesaikan review kuartalan pertama dari paket bailout € 85 milyar, tetapi memperingatkan pemerintah baru bahwa tantangan tetap masih ada, termasuk pertumbuhan yang masih lambat. Tantangan baru muncul setelah Moody menurunkan kembali peringkat Irlandia dan adanya pembatalkan rencana Yunani untuk menjual saham di perusahaan negara kunci dan melakukan penghematan anggaran lebih lanjut pada hari Jumat, berharap untuk mencegah restrukturisasi utang yang diperkirakan semakin mungkin terjadi.  Krisis utang zona euro kemungkinan besar akan menjadi volatil, risk-off risk-on dibeberapa minggu kedepan.

Hasil Meeting G7, G20 dan IMF antara lain :

  • G7 Meeting: Tersusun dari AS, Jepang, Jerman, Perancis, Inggris, Kanada dan Italia negara G7 akan meningkatkan cadangan dari sekitar $200 miliar di zona euro dan AS, Inggris, Kanada masing-masing $50 miliar. Pejabat Inggris dan Kanada telah mensinyalir mereka akan menaikkan persediaannya untuk menyanggupi komitmen terhadap IMF. Jepang saat ini mencapai $1 triliun.
    “Volatilitas mata uang lebih besar yang dialami kita, lebih banyak lagi pembuat kebijakan yang akan mencari derajat lebih besar kenyamanan yang datang dari cadangan forex level tinggi,” kata Mohi-uddin dalam interview telepon

    • G20 Meeting: Temui Kesepakatan Dalam Rencana Mencegah Krisis Ekenomi Global di Masa Depan dimana Kepala keuangan dari perekonomian utama dunia sepakat pada hari Jumat atas sebuah rencana baru untuk mengidentifikasi negara-negara yang kebijakannya bisa membuat ekonomi global beresiko jika dibiarkan. Berdasarkan perjanjian tersebut, tingkat hutang dan saldo pinjaman dan perdagangan akan digunakan untuk menentukan apakah suatu negara harus diletakkan di bawah mikroskop dan diminta untuk melakukan reformasi.
    • IMF Meeting : Pada saat artikel ini ditulis masih memasuki hari ke dua dan belum dikeluarkan hasil kesepakatan nya. Issue terbesar di IMF Meeting adalah Tidak adanya keseimbangan arus modal antara negara maju dan negara berkembang sehingga keadaan ini memicu inflasi global.

Emas naik ke rekor baru di New York karena spekulasi bahwa krisis utang di Eropa akan meburuk dan China mempunyai tingkat inflasi diatas 5%, sehingga meningkatkan daya tarik logam mulia sebagai alternatif untuk mata uang. Perak menyentuh tertinggi 31-tahun. Emas mencapai rekor tertinggi speanjang waktu di $ 1,489.10 per ons setelah Moody’s memangkas rating kredit Irlandia dua tingkat ke grade investment terendah, mengikis nilai euro. “Emas telah menjadi mata uang pilihan,” kata Lannie Cohen, presiden Capitol Komoditi Services Inc di Indianapolis. “krisis hutang di Portugal dan Irlandia semakin memburuk sedangkan Amerika Serikat memiliki masalah sendiri pada defisit. “

Teknikal

USDCHF

USDCHF mengalami penguatan sepanjang minggu lalu dimana pair ini turun 7 hari berturut turut tanpa koreksi sedikitpun dan pada hari Jumat kemarin (Candle ke 8 di D1) closing price 0.8927 yang tidak jauh dari open pricenya 0.8925. Jika dilihat dari Stoch 533 W1 dan power ADX D1 maka sulit untuk mengatakan bahwa USDCHF akan Naik dalam waktu singkat tetapi disisi lain pair ini berpeluang naik jika dapat closing diatas 0.8975 dan peluang ini dapat saja terjadi mengingat terdapat kejenuhan stoch di D1 dan Mn dimana telah 3 bulan lamanya drop sekitar 900 point sejak bulan februari 2011 . Level 0.8850 dan 0.8789 merupakan harga yang akan menjadi target saat harga 0.8895 dilewati, sebaliknya jika harga 0.8975 dilewati maka 0.9033 dan 0.9100 merupakan signal reversal pair ini.

USDCHF time frame D1
Pic. 1 USDCHF time frame D1

 

AUDUSD

Level 1.0581 merupakan resistance yang akan diuji pada hari senin AUDUSD jika harga ini dilewati maka 1.0640 merupakan target pair yang menguat karena stoch 533 D1 masih ada ruang untuk mencapai 80%, tetapi jika dilihat dengan seksama maka 3 candle terakhir di D1 dapat diartikan sebagai Bearish Flag dimana candle selanjutnya mempunyai peluang untuk koreksi selain itu di W1 relatif sudah tidak ada ruang Stoch 533 untuk melanjutkan penguatan.

Pic. 1 AUDUSD time frame D1
Pic. 1 AUDUSD time frame D1

 

XAUUSD

XAUUSD merupakan produk perdagangan berjangka yang saat ini banyak membuat para investor hampir kehabisan napas mengingat volitivitas nya sangat tinggi dan berfluktuasi secara tiba tiba dengan range yang sangat lebar. Banyak analis memperkirakan Gold akan menyentuh $ 1512.60 dan secara analisa umum ini dimungkinkan jika LLG naik sekitar 10.000 pips dari low tanggal 1 April 2011 (1412.60).  Tingkat kesulitan analisa Gold terletak dari karakternya yang lebih dominan kepada Sentiment Pasar yang cenderung berubah ubah dari risk on and risk off. Kereksi dimungkinkan ke level 1479.50 – 1474.30 – 1470.00. Dibawah 1466.00 maka akan menjadi gerbang untuk terjadinya signal reversal untuk Gold.

Pic.3  XAUUSD time frame H4
Pic.3 XAUUSD time frame H4

Analisa:

Fundamental:

Analisa fundamental sangat berbeda dengan analisa teknikal tentunya, selalu mengikuti perkembangan berita adalah kunci dari analisa ini. Ribuan berita besar dan kecil membanjiri PC dan Laptop kita dan kita harus membiasakan diri untuk menganalisanya dengan jernih tanpa ada ketergantungan terhadap posisi open yang kita punya. Ada beberapa berita yang dihembuskan agar pelaku pasar menjadi panik dan akan berdampak terhadap pengurangan equity yang ada. Ada pula berita yang secara kontinyu di rilis secara perlahan dan semakin lama semakin besar dan pada saatnya nanti akan membuat Market berubah arah secara tiba tiba.

Saat ini Inflasi Golbal merupakan issue dunia tahun 2011, dimana Eropa terlilit hutang yang tidak kunjung reda dan akhirnya ECB harus menaikan suka bunga untuk menghalau inflasi, China dengan tingkat inflasi 5,4% membuat PboC harus melakukan Pengetatan Keuangan agar inflasi terkendali. Harga komoditi mulai melonjak saat timur tengah bergolak sampai sampai Dewan keamanan PBB mengeluarkan resolusi untuk meredam konflik agar kekacauan di tanah arab tidak menimbulkan efek domino.  Kepanikan para pelaku pasar terlihat jelas dengan membeli safen haven di level level tertinggi dan sangat diluar kebiasaan market. Gold dan Aussie mencapai harga yang sangat fantastis sedangkan chf diperdagangkan menguat terhadap US $ sebagai mata uang teraman di dunia.

Pertanyaan : “ Akankah ini berlangsung lama?” tidak ada satupun orang yang tahu kapan ini akan berakhir , tetapi jika kita menganalisa  secara jernih bahwa Inflasi di dunia akan direspon oleh para pelaku pasar dengan Hedging di Gold dan mata uang safe haven. Eropa dan China akan menaikan suku bunga lanjutan untuk menekan laju inflasi, jika ini terjadi maka taking profit akan mewarnai safe haven. “ Kapan Itu terjadi?” China  dan Jepang seperti negara besar lainnya yang melakukan kebijakan moneter secara tiba tiba dan mengejutkan pasar dimana saat pasar mengalami pesimis dan depresi yang berat

Pertanyaan : “The Fed apa kabar?” Kita harus melihat bahwa semua ini adalah skenario dari US dalam mempertahankan perekonomian dalam negerinya. “Akankah The Fed menaikan Suku Bunga?” Penarikan stimulus dan pengetatan moneter untuk menormalisi nilai tukar dollar $ akan terjadi, ini hanya menunggu pemicu dan moment penguatan Dollar. Butuh waktu sampai tanggal 27 April 2011 untuk melihat apakah the Fed akan membalik keadaan ini.

 

Teknikal:

  1. 1. USDCHF Arah W1 menimbulkan penguatan signifikan dimata uang yang menjadi safe haven ini , dimana support terkuat pair ini ada di 0.8940 telah ditembus dan closing dibawahnya 0.8927. Level Buy CHF akan diawali 0.8850 – 0.8650 saat dilevel tersebut semua stoch 533 medium term dan long term ada dititik nadir terbawah.
  2. 2. AUDUSD saat ini ada diareal di 1.0564,  ladalah harga yang sama saat minggu lalu pair ini closing. Semua indikator aussie mengalami kejenuhan di level 1.06xx 1.07xx dan ini merupakan
  3. 3. XAUUSD menguat mendekati level $ 1500,xx / to dan ini telah kita bahas di awal tahun 2011. Gold secara umum tidak seperti pergerakan ditahun 2010 yang searah naik terus, untuk tahun 2011 akan di penuhi dengan pergerakan yang seperti jet Coaster (naik dan turun secara tiba tiba) diperkirakan level 1480. Xx – 1490,xx merupakan level puncak koreksi untuk llg mengingat semua indicator telah mengalami tingkat kejenuhan yang sangat tinggi. 1512,60 merupakan titik terjauh pair ini.
  • Strategi:
  1. 1. Ketakutan dan Kepanikan market akan mewarnai minggu depan, hitung kembali Margin level sampai tingkat yang paling aman.
  2. 2. Jangan melakukan open posisi baru untuk  melakukan average disaat minggu depan. Lakukan pengamanan posisi yang telah profit mengingat tanggal 27 april 2011 masih terlalu lama sehingga investasi di AUDUSD XAUUSD dan USDCHF akan memperkecil keuntungan yang dihasilkan.
  3. 3. Hit and Run di level2 terrendah dan tertinggi untuk menambah equity yang ada, tetapi saat salah sebaiknya jangan terlalu berharap agar tidak menambah beban Margin Level yang ada.
  4. 4. Ini adalah waktu terbaik untuk membalikkan paradigma bahwa harga akan terus turun dan lanjut naik, Maksimal 300 point dari saat ini merupakan level entry point terbaik.
  5. 5. Pasar selalu siap untuk Kita, Apakah Kita sudah cukup siap untuk menghadapi Pasar ……=wallstreet=
Fomc 2011 Voters Dove Hawk Scale
Fomc 2011 Voters - Dove Hawk/Scale

 

 

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat