Mari berselancar di dunia Hangseng, Gold, Fx

Oleh: Fadly Ilyas.Jakarta, 16 September 2011, 16.38 wib

Bagi anda-anda yang tidak asing lagi dengan dunia investasi, sudah barang tentu familiar dengan ke-3 item ini : Hangseng, Gold, Fx. Kesemuanya memiliki keunikan masing-masing dengan karakteristik pergerakannya ”fluktuasi”. Dari segi klasifikasinya, memang ketiganya merupakan produk yang berbeda. Hangseng dikenal sebagai indeks, Gold (loco gold) merupakan hard commodity, sedangkan Fx dikenal sebagai perdagangan valuta asing.

Mungkin ada yang bertanya kenapa hanya ketiga item itu yang akan kita tampilkan dalam penulisan ini??? Jawabnya…..pada prinsipnya apapun nantinya boleh anda sinergikan dengan item yang lain dengan topik penulisan kali ini. Dikhususkannya untuk ketiga item ini dikarenakan penulis melihat bahwa lewat item-item inilah para pelaku atau pedagang atau dikenal dengan trader lebih efisien dan efektif melakukan perdagangan, dan sebaliknya dari ketiga item ini pulalah kebanyakan para pelaku pasar akhirnya ”KAPOK” dengan dunia investasi futures.

Oke…..lanjuuuut yaa!!!

Untuk para master atau para suhu mohon numpang lewat ya!!! Jika nantinya terdapat banyak kekeliruan, mohon maaf dan mohon koreksinya.

Sebenarnya ada keinginan untuk membahas lebih detil tentang dasar-dasar analisis yang penting menjadi pemahaman para trader, namun penulis menganggap yaaahhh namanya trader pastilah sudah memiliki kemampuan yang mumpuni tentang hal tersebut.

Adapun yang penulis ingin stressing dalam Rahasia kecil ini adalah bagaimana sistem transaksi yang kita bangun, benar-benar bisa menjadi pengontrol dalam pengelolaan akun yang kita kelolah…bahkan mestinya…kudu…harus…wajib…..menjadikan akun tersebut  sukses ”berselancar” di dunia futures.

Namanya juga berselancar, jadi mestilah kita harus mengenal segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan berselancar ini atau pernak-pernik berselancar…hehehe…mari kita kenal instrumennya…

  1. Papan Selancar ——– namanya juga berselancar tentunya dibutuhkan papan selancar ini. Klo diibaratkan bolehlah disebut sebagai alat transaksi. Karena pelaksanaan transaksi pada umumnya sudah dengan koneksi internet atau secara on line, alat transaksinya pun sudah memanfaatkan perangkat MT4 (beberapa telah diperkenalkan MT5).
  2. Laut ——— yang satu ini dekat-dekatlah dianalogikan dengan chart wave yang kadang tanpa riak, kadang riak kecil, namun tak jarang menimbulkan riak gelombang (wave) yang dahsyat…gak tsunamilah ya? Di sinilah letak seni bertransaksi, karena kita diajak untuk menyelami seluk beluk gelombang untuk bisa berselancar di atasnya dengan baik dan benar. Tentu akan sangat mengerikan jika karena kekurangan ilmu dan wawasan kita dalam bertransaksi pada akhirnya mengantarkan kita berselancar di punggung Hiu…wiiiih ngeri abizzzzz!!!
  3. Diri ——— instrumen terakhir inilah yang paling kompleks. Tapi, marilah kita sederhanakan kekompleksan ini dengan mulai memiliki Rahasia kecil ini yang kita sebut dengan Manual Success Transaction System.

 

Seberapa pentingkah Sistem Transaksi???

 

Jawaban dari pertanyaan umum tapi sangat ideal. Tentulah bagi penulis memandang bahwa dengan sistem transaksi akan menjadi panduan keterbatasan diri dalam mengantisipasi rumitnya pergolakan atau fluktuasi harga yang dipenuhi dengan intrik ekonomi dan tak jarang analisis matematis. Dan kesuksesan SISTEM TRANSAKSI untuk dimanfaatkan dalam berselancar haruslah terliput dan meliputi kedua hal sebelumnya (Papan selancar  dan Laut) atau perangkat untuk membangun sistem tersebut telah terafiliasi dalam MT4 yang mudah dioptimalkan penggunaannya, dan yang kedua tentulah harus mampu memvisualkan LAUT atau Chart menjadi sebuah informasi yang ekonomis tentunya…:)

Perkenalan awal kita dalam membangun sistem transaksi adalah Mengekploitasi Time Frame.

Tat kala anda mengaktifkan MT4 (metatrader 4) yang ada pada pc atau ipod, terlihat beberapa instrumen standar. Tertera pula beberapa icon kerangka waktu (timeframe) yang mewakili pergerakan harga pasar dalam satu waktu tertentu, meliputi M1 M5 M15 M30 H1 H4  D W  M (timeframe 1 menit, 5 menit, 15 menit, 30 menit, 1 jam, 4 jam, harian, mingguan, serta bulanan).

Dengan banyaknya pilihan kerangka waktu yang bisa dimanfaatkan maka akan memudahkan anda menentukan cara transaksi yang sesuai dengan gaya anda. Hanya saja perlu diingat bahwa tujuan penulisan ini untuk memberikan pemahaman yang benar akan tujuan bertransaksi itu sendiri.

Ada sebagian trader beranggapan bahwa sistem transaksi yang bagus adalah dengan kerangka waktu yang besar seperti 1 jam atau yang lebih besar. Sebahagian lain ternyata tidak cocok dengan cara ini karena beranggapan berlama-lama membiarkan kegiatan transaksi yang telah dilakukan akan berindikasi resiko yang lebih besar. Kelompok yang beranggapan (pesimis) dengan timeframe besar tersebut bisanya melakukan kegiatan transaksinya dalam kerangka waktu yang lebih kecil, seperti 1 menit dan 5 menit. Dengan demikian tentulah dengan memilih waktu yang lebih kecil ini sangat menuntut para trader untuk senantiasa memantau lebih seksama pergerakan harga pasar yang terjadi. Bahasa pasarnya Nongkrong dot com, J. Cara seperti ini tentulah menjadi kendala tersendiri bagi yang memiliki kesibukan lain, ataupun yang tidak mampu berlama-lama duduk di depan layar komputer.

Pada akhirnya, memilih kerangka waktu akan mengklasifikasi gaya transaksi anda. Bagi mereka yang terbiasa menggunakan kerangka waktu kecil, dikalangan mereka menyebut dirinya sebagai scalping trader. Sebaliknya yang memilih kerangka waktu yang lebih besar biasa disebut sebagai Long term trader. Kedua bentuk ini mudah-mudahan kita kan bahas di artikel lain aja yaa…

Pertanyaan umum: time frame berapakah yang cocok dipakai dalam bertransaksi?

 

Bagi penulis, membangun sebuah sistem perlulah menyadari bahwa seluruh rencana perdagangan (trading plan) mengikuti kecendrungan pelaku pasar yang secara global lebih mempengaruhi naik turunnya harga pasar, atau dengan kata lain kita hanyalah following trend.

Perdagangan yang sukses – Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang Trend di ”setidaknya” 3 kerangka waktu yang berbeda. Satu untuk Trend Mayor, yang kedua untuk counter trend (retracement) dan yang terakhir untuk masuk dan keluar.

Nah, untuk menjawab tantangan kesuksesan ini saya akan mencoba menampilkan sebuah sistem manual tersebut. Dalam hal ini, timeframe yang dipilih adalah tf15 (setiap candle menggambarkan bentuk fluktuasi harga dalam satuan waktu 15 menit). Dimana dalam chart tentunya akan menampilkan pula instrumen Multi time frame yang mewakili Time frame yang lebih besar dari tampilan chart.

Mengapa???

Alasannya adalah:

  • Untuk memfokuskan analisis pada satu chart pergerakan harga. Jadi kita tidak perlu menampilkan beberapa view chart dgn time frame yang berbeda-beda yang kami nilai tidak efisien.
  • Dengan MTF (multi time frame) indikator, kita akan lebih mudah berselancar secara aman dan efektif. Kita akan lebih mampu melihat besar tidaknya ombak akan bermain, anda akan lebih mampu membedakan gulungan ombak yang berpengaruh sesaat, dan yang lebih penting adalah simbiosis indikator time frame kecil dan besar menjadikan psikologis anda lebih tenang, lebih disiplin, tidak serakah, dan lain-lain dampak negatif yang timbul dari keserakahan transaksi.
  • Keuntungan lain yang lebih dominan dari sistem ini adalah anda lebih optimal dalam menjalankan dua style transaksi secara bersamaan, yakni cara scalping dan long term….asyik kan….:)

 Mari kita lihat tampilan chart berikut:

Diatas adalah salah satu contoh tampilan sistem yang dijalankan pada FX Market. Sekilas tentunya telah terlihat betapa simple atau mudahnya menganalisis dengan memanfaatkan indikator MTF, terlebih lagi jika kita telah mendapatkan setting periodik yang sesuai atau cocok untuk tiap-tiap market yang akan kita transaksikan.

Berikut adalah tampilan chart tf15 untuk Gold:

Tentunya dengan 2 tampilan chart di atas diharapkan menambah keinginan anda-anda untuk saat ini membangun sebuah sistem manual transaksi yang efektif dan efisien. Salam sukses.

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat