Wednesday , 13 November 2019

MPC Rate Statement & ECB Press Conference

Kamis, 9 Februari 2012 BoE dan ECB akan merilis berita tentang suku bunga. Keadaan ini membuat pasar akan menjadi flat menjelang Press Conference yang rencananya di gelar malam ini antara jpukul antara jam 19.00 – 20.30 wib. Kebijakan ini menjadi penting mengingat Krisis Eropa masih menjadi ancaman bagi pelambatan pertumbuhan global. Eropa masih belum mendapatkan titik temu dengan Yunani. Eropa masih menolak memberikan dana bailout kedua kepada Yunani senilai €130 miliar. Mereka meminta jaminan dari Yunani untuk menjalankan program reformasi ekonominya dengan baik. Jalan lain ditempuh oleh Bank Central Eropa (European Central Bank/ ECB) yang telah setuju untuk mengganti obligasi Yunani yang dibeli tahun lalu dengan obligasi dari EFSF (European Financial Stability Facility), dana penyelamatan zona euro. Short term Euro masih akan naik  ke 1.3600 tetapi Medium dan long term Euro akan Turun dengan target $1.2390.
Ekspektasi bahwa pembelian aset BoE akan lebih agresif mewarnai kejatuhan Poundsterling rabu malam. GBP yang rally selama 4 minggu  dari 1.5236 ke 1.5931 tanpa koreksi yang signifikan akhirnya hrus koreksi saat Para pembuat kebijakan BoE diperkirakan akan mengumumkan penambahan £50 milyar ke dalam program pelonggaran kuantitatif (QE) bersamaan dengan pertemuan kebijakan bulanan bank sentral pada hari ini, sebagai upaya mendongkrak perekonomian Inggris yang tengah goyah. Peluncuran QE akan mengakibatkan pasar kembali dibanjiri Poundsterling, dan biasanya akan melemahkan mata uang. “Reaksi terhadap QE akan tergantung pada jumlahnya, apakah 50 milyar (GBPUSD akan Naik ) atau 75 milyar, ( GBP USD akan Turun) “

Emas jatuh pada hari Rabu, seiring resisten teknikal memicu investor untuk melakukan profittaking pasca rally sesi lalu ditambah ketidakpastian mengenai perekonomian Eropa. “Kita telah kembali pada area teknikal. Lebih mudah untuk melakukan profit-taking daripada berpegang pada begitu banyak ketidakpastian yang ada saat ini,” ucap Sean McGillivray, kepala alokasi aset untuk Great Pacific Wealth Management.

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

WhatsApp chat