Wednesday , 12 December 2018
Breaking News
Home » Analysis » Play with The Data

Play with The Data

Reza Aswin, Jakarta 16 Juli 2017

Play with The Data

 

Sudah lama sekali saya tidak menulis di websites pribadi saya ini. Kesibukan adalah kata yang paling mudah dimengerti bagi seluruh client saya, disaat saya tidak menulis analisa pasar global. 

US Dollar

Banyak kiriman pesan pribadi kepada saya dan menanyakan arah kebijakan moneter The Fed yang mulai tidak optimis terhadap kenaikan suku bunga untuk ke 3 kali di waktu yang akan datang. Sebelum kita bahas ini maka kita harus mengetahui kerangka berfikir The Fed, karena dengan mengetahui cara mereka berfikir maka kita mempunyai gambaran yang jelas, terhadap seluruh pertanyaan kebijakan moneter The Fed yang ada di kepala kita. The Fed mengambil kebijakan moneter dengan melihat atau Play with The Data , artinya semua keputusan yang diambil mulai dari Menurunkan suku bunga, QE, Taper dan Menaikan suku bunga secara gradual merupakan hasil dari data yang masuk sebelum meeting The Fed. Dan kita sudah mengetahui bahwa data yang dipergunakan sebagai tolok ukur adalah Data Sektor Tenaga Kerja dan Data Inflasi.  Dalam tanya jawab minggu lalu dengan Senat di Capitol Hill, Janet Yellen mengatakan bahwa adanya perbaikan disektor tenaga kerja tetapi inflasi belum mencapai target di mandatkan oleh kongres. Tidak optimisnya Yellen akan laju tingkat inflasi akhir akhir ini menjadi sorotan bagi para pelaku pasar sehingga saat data CPI dan Retail Sales dirilis hari jumat lalu, membuat US Dollar terpuruk. Para pelaku pasar merasa bahwa kenaikan suku bunga untuk ke 3 kali nya tidak akan terjadi di tanggal 25 Juli 2017 ini dan keyakinan mereka menurun sampai dilevel 55%, untuk kenaikan di bulan Desember 2017. Dengan melihat fenomena diatas maka seluruh data tentang inflasi akan menjadi tolok ukur tingkat keyakinan pasar akan kenaikan suku bunga.

Euro

Berbicara tetang euro, maka kita akan berbicara tentang kebijakan moneter Euro Central Bank yang di komandani oleh Mario Draghi. Agak unik memang komandan yang satu ini, karena bulan Juni 2017 lalu, Super Mario ini mengatakan ” Ancaman Deflasi di zona Eropa sudah hilang” , tetapi 1 hari kemudian dia mengatakan bahwa ” Pasar telah salah paham mengartikan kata kata saya” . dari 2 statement tersbut kita dapat melihat bahwa Draghi sama seperti Yellen yang selalu Play with The Data. Secara logika bahwa pernyataan pertama tentang ancaman deflasi sudah hilang, akan memberikan pandangan kedepan bahwa QE akan diruncingkan kembali (taper) pada hari kamis, 20 juli 2017, tetapi pernyataan berikutnya tentang pasar salah tafsir, berpotensi bahwa ECB tetap akan melanjutkan QE, mengingat target inflasi di zona eropa masih jauh. Dengan melihat keberadaan pernyataan diatas maka wajar jika banyak analis dunia mengatakan bahwa euro kan masuk ke level 1.1538 – 1.1672 jika ECB Press Conference merilis taper. Tetapi jika QE masih dilanjutkan sampai tahun depan maka akan mengirim euro ke level 1.1320 bahkan 1.1220 kedepannya. ini mata uang yang paling sexy untuk minggu depan.

Pondsterling

Berbeda dengan euro, pondsterling mempunyai mempunyai kebijakan moneter yang cukup tegas, dimana dengan melihat data bahwa inflasi di inggris yang telah mencapai 2,9% membuat pimpinan Bank of England mempertimbangkan kenaikan suku bunga. Tingkat kesulitan Carney berada pada faktor politik dalam negeri inggris yang terkait dengan penyelesaian BREXIT dan hasil pemilu di Inggris bulan lalu. Mata uang ini akan naik ke level 1.3480 an dan bahkan akan 1.4340 an jika membaiknya data CPI yang dirilis bersamaan dengan speak Carney yang positif in Hampshire pada hari Selasa 18 Juli 2017, dengan koreksi berada dilevel 1.3020 an.

Mata Uang Komoditas 

Kita harus sepakat bahwa setiap negara pasti ingin meningkatkan ekonominya agar rakyat nya sejahtera, dan ini pulalah yang membuat pasar seperti tidak beraturan geraknya. naik turunnya harga hanya di pengaruhi oleh supply and demand, dimana faktor fundamental dan teknikal sangat erat terkait didalamnya. Sehingga kadang kadang pasar seperti tidak berkorelasi antara pair satu dengan pair lainnya.

Australian Dollar saat ini mempunyai keuntungan yang cukup signifikan saat Yellen mulai meragukan kenaikan suku bunga akhir akhir ini, dan ini tercermin dengan naiknya AUDUSD pada 2 bulan terakhir di level 0.7820 an. Kita sama sama mengetahui bahwa penguatan Aussie Dollar tidak meyenangkan bagi petinggi bank sentral australia RBA. Meeting Minutes dihari selasa 18 Juli 2017 akan membuat Aussie 0.8020 an atau terkoreksi ke level 0.7620 an.

Seperti halnya dengan Aussie Dollar, mata uang negara New Zealand sangat dipengaruhi oleh data negara China. Jika dilihat forecast data yang dirilis oleh China pada hari senin 17 Juli 2017 tentang GDP , Industrial Production dan Retail Sales, maka terlihat adanya penurunan, dan jika memang ini benar benar terjadi dimana actual berada dibawah forecast maka NZDUSD akan terkoreksi ke level 0,7260 atau bahkan kelevel 0,7100 an sebelum pair ini  melanjutkan kenaikannya.

Mata uang Canada telah mencapai penguatan yang sangat dominan selama 3 bulan terakhir, dimana Gubenur Bank Sentral Canada Poloz sangat optimis dengan menaikan suku bunganya 25 bps dan terus akan menaikan nya di masa yang akan datang. Ini merupaka pesan yang sangat tegas dan kita akan melihat data CPI canada di hari jumat tanggal 21 Juli 2017. Jika data yang dirilis meningkat tajam maka akan mengirim USDCAD ke level 1.2420 an bahkan ke level 1.1900 dalam jangka panjang. koreksi akan terjadi pada level 1.2780 an – 1.2820 an.

Dengan melihat Fenomena diatas, mudah2an anda bisa mendapatkan puzzle yang hilang guna melengkapi skenario arah market minggu depan.

SELAMAT BERTRANSAKSI dan SELALU GUNAKAN STOPLOSS karena JAMINAN UANG ANDA TIDAK HABIS ADALAH STOPLOSS !!!!!!

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

KETIDAKPASTIAN

Reza Aswin, 13 april 2017   Ketidakpastian Ini merupakan kata ajaib yang dapat membuat pasar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.