Tuesday , 19 March 2019
Breaking News
Home » Analysis » RESIKO GEOPOLITIK

RESIKO GEOPOLITIK

Reza Aswin, 11 April 2017

Geopolitical Risk

Didalam analisa Fundamental, ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi pergerakan mata uang suatu negara. Kita telah mengetahui bahwa semua faktor yang tidak terkait dengan faktor keuangan dan berhubungan dengan external bahkan politik, dapat kita sebut faktor geopilitik. Banyak yang bertanya kepada saya, Apa pengaruhnya dan berapa lama faktor geopolitik ini akan mempengaruhi pasar uang ? Jika kita ingin mengetahui nya, maka kita harus membedah secara umum kejadian nya dan menilainya , apakah ini akan berlanjut atau tidak.

7 April 2017  Amerika Serikat serang pemerintah syiria, setelah pemerintah tersebut melepaskan bom kimia, Sarin dikota Khan Sheikhoun dan berakibat 100 orang tewas termasuk anak anak. Serangan dilakukan dengan meluncurkan 59 rudal tomahawk Amerika Serikat  dari dua kapal perang AS, USS Porter dan USS Ross di perairan Mediterania timur guna melumpuhkan pangkalan udara Shayrat di dekat Homs, Suriah barat. Menurut Pentagon, fasilitas itu digunakan untuk menyimpan senjata kimia dan pesawat tempur yang membawa bom tersebut. Alhasil Rusia dan Iran protes dan akan menyerang balik Amerika Serikat jika penyerangan itu dilanjutkan kembali. Dari keadaan diatas maka terlihat Amerika dan Rusia sedang berhadap hadapan, dan jika terjadi pemanasan suhu diantara kedua negara tersebut maka Safe Haven akan di buru oleh para pelaku pasar. Begitu pula dengan harga komoditi yang akan melambung jika ketegangan kedua negara tersebut meningkat. Disisi lain Amerika Serikat mulai memberikan lampu peringatan bag China untuk menindak tegas Korea Utara yang sering melakukan uji coba rudalnya. Syiria merupakan contoh, dimana Amerika akan menyerang Korea Utara jika China tidak dpat mengendalikan negara tersebut.

Dari Kebijakan Fiskal , Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendapat tamparan keras setelah RUU pengganti Obamacare yang diusulkan nya. Partai Republik belum bisa menghasilkan kesepakatan , padahal baik Senat maupun DPR dikuasai oleh Partai Republik. Sejumlah laporan menunjukkan bahwa antara 28 dan 35 Republikan menentang draf yang ditawarkan Trump dan RUU tersebut tampaknya tidak populer di kalangan masyarakat. .  Pengganti Obamacare yaitu American Health Care Act , menurut hasil survei hasil survei terbaru, hanya didukung 17% responden mengingat American Health Care Act (AHCA) akan mengurangi defisit AS sampai 336 miliar dolar AS antara 2017 dan 2026, namun jumlah warga AS tanpa asuransi kesehatan akan melambung menjadi 52 juta orang, atau naik 24 juta orang saat Obamacare berlaku. 

Dari Eropa sungguh sangat kompleks dimana mata masih tertuju pada ketidakstabilan keuangan, ekonomi dan politik. Setelah ECB melakukan Taper , maka  perbaikan ekonomi yang diharapkan masih terganggu dengan faktor politik yang menghantui pemilu di Prancis. Le Pen dan anggota poros tengah, Emmanuel Macron, menjadi dua kandidat teratas yang akan memenangi putaran pertama dan bertanding pada putaran kedua pada tanggal 7 Mei lalu, dimana kita mengetahui bahwa Jika Le pen menang maka disinyalir Perancis akan mengikuti langkah negara Inggris yang keluar dari Uni Eropa dan ini tentunya akan menjadi malapetaka bagi euro.

Dengan melihat fenomena diatas maka disatu sisi US Dollar masih dalam tracknya untuk penguatan dan walaupun ECB sudah melakukan taper maka faktor politik akan pengaruhi fluktuasi di eropa, dan jika harga Euro masuk di level 1.0640 – 1.0660 maka disana merupakan level SELL pagi pair eurusd. Keadaan Safe haven masih mempengaruhi pair USDJPY , dimana faktor fundamental yang melemahkan Yen masih dapat dikalahkan dengan diburunya yen sebagai Safe Haven. Stoploss di level 109.90 merupakan level yang perlu diperhatikan jika kita melakukan BUY USDJPY saat ini. Dan Primadona masih ada pada XAUUSD dimana penguatan akan berlanjut sampai mendekai level 1278.

 

Selamat Bertransaksi …..

 

 

Here is a collection of places you can buy bitcoin online right now.

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.