Saturday , 21 September 2019

Sentiment…….

Dalam seminggu terakhir terlihat jelas bahwa market masuk dalam area “ One Way” atau  “Trending”.  Keadaan ini tentunya dapat ditemui setiap tahunnya antara 2 sampai 3 kali dalam setahun, dimana Market Sentiment menjadi penyebab utama harga menjadi satu arah.  Sentiment market tidak dapat dilawan dengan Faktor Fundamental atau Faktor teknikal yang sudah Over Sold or Over Bought yang terjadi, walaupun data ekonomi bagus  dan teknikal sudah menunjukan puncak tertingginya, tetapi harga tidak akan pernah turun.

Pelemahan US $ merupakan hasil Sentiment negative dari money market. Minggu lalu terlihat beberapa data ekonomi US membaik  antara lain: ISM Manufacturing Prices naik  14.5 , Revised Nonfarm Productivity q/q naik 0,4% , Revised Unit Labor Costs q/q turun 0,2%, ADP Non-Farm Employment Change naik  28 K, Unemployment Claims turun 12 K dan Unemployment Rate turun 0,2%, tetapi Market tetap sell  US $ walaupun Departemen Tenaga Kerja Amerika Non Farm Payrolls memang memburuk dengan ditandai hanya tumbuh 96.000 sepanjang bulan lalu.

Jika dapat disimpulkan bahwa apapun datanya dan bagaimanapun bentuk teknikalnya, jika Market Sentiment telah memasuki ranah pasar maka hanya ada 1 fakta yaitu “ Harga satu Arah”  dimana Faktor Fundamental dan Faktor Teknikal menjadi tidak berfungsi. Begitu dashyat nya Faktor Sentiment ini sehingga seakan akan ini menjadi factor menakutkan bagi para pengguna fundamental/ teknikal yang baru mengenal Futures Trading karena disinilah  Uang anda akan habis .

Bagaimana anda mengetahui bahwa harga akan Sideways atau harga ? Konsultan anda lebih tahu dibandingkan dengan saya

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin –  Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat