Saturday , 21 September 2019

Time to Buy USDJPY……???

Ketidakpastian keuangan global ini juga mendorong pelaku pasar untuk mencari perlindungan dalam mata uang “safe haven” yen, sehingga mengirim mata uang tersebut melonjak dan selanjutnya menekan perusahaan-perusahaan yang membuat uang mereka di luar negeri.

Data data terburuk jepang seperti data pengangguran di Jepang yang dirilis, naik ke 4,6% dari sebelumnya 4,5%.

Data penjualan ritel, turun ke 5,8% dari sebelumnya 10,3%.

Target BOJ adalah target inflasi 1 persen dan

Menggeser kebijakan moneter pada bulan Februari dari kenaikan belanja aset, dan ditindaklanjuti dengan stimulus lain pada bulan April untuk menunjukkan tekadnya untuk mengalahkan deflasi.

Dari data diatas maka terlihat jelas bahwa Jepang sedang memulai ancang ancang untuk intervensi agar dapat menolong perekonomian Jepang yang saat ini sedang dilanda Strong Yen. Ini terlihat dari pernyataan Gubernur BOJ, Shirakawa Massaaki pada hari Senin mengatakan bahwa saat ini bank sentral sedang mengamati dengan hati-hati efek kenaikan terbaru pada yen yang dapat saja berdampak pada sentimen bisnis dan perekonomian Jepang. Sikap was was inipun ditunjukan oleh Jun Azumi sebagai Menteri Keuangan Jepang yang menekankan bahwa Eropa harus bertindak “secara bertanggung jawab” untuk mengatasi krisis utang yang melumpuhkan ekonomi dunia. “Tujuan besar kita adalah untuk mengatasi krisis, Eropa terutama harus bertindak dengan tepat dan bertanggung jawab,” “Mereka mengatakan akan menangani masalah, termasuk masalah utang Spanyol, secara bertanggung jawab dan saya percaya mereka,” katanya kepada wartawan, di Tokyo.

Dan akhirnya Yen melemah terhadap dolar setelah Menteri Keuangan Jepang Jun Azumi mengindikasikan bahwa Group of Seven mendukung kebijakan intervensi pemerintah Jepang untuk menekan penguatan tajam yen.

Jika Yen Jepang terus menguat lagi, maka Bank Sentral akan kembali bergerak melakukan kebijakan moneter yang strategis.

Pic. usdjpy Daily

Time to Buy USDJPY……???

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

HAWKISH or DOVISH

Reza Aswin – ¬†Jakarta, 3 Mei 2017   HAWKISH or DOVISH Dini hari nanti Pukul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat