Thursday , 24 September 2020

Analisa Fundamental : Kebijakan Moneter Federal Reserve System

Reza Aswin | 28 Oktober 2015

 

Nanti malam atau Kamis Dini hari pukul 01.00 wib, the Fed akan membuat kebijakan moneter tentang suku bunga. Even yang sangat ditunggu oleh semua para pelaku pasar di dunia, karena keputusan ini akan dapat membuat para pelaku pasar menjadi kaya atau miskin mendadak dimasa yang akan datang. Sedemikian hebatnya kebijakan tersebut sampai sampai harga emas dunia tidak bergerak selama 2 minggu (mau pakai indikator apalagi di teknikal ya pasti ujungnya bilang market sideways, tapi bisa jelaskan secara logis nggak mengapa market sideways, jika tidak dapat menjawabnya maka pastas saja anda mempunyai asumsi bahwa Forex sama dengan Judi).

Gambaran kondisi perekonomian Amerika saat ini adalah rendahnya inflasi dan pertumbuhan ekonomi membuat Federal Reserve mempunyai resistensi terhadap normalisasi yang telah dicanangkan untuk dilakukan pada tahun ini. Kebijakan moneter bank sentral China yang menurunkan suku bunga dan bank sentral eropa yang akan menambah program stimulus jika diperlukan, mempunyai dampak langsung terhadap penguatan pada US Dollar dan meruginya sebagian perusahaan besar di Amerika.

Perlu kita sadari bahwa normalisasi / kenaikan suku bunga merupakan pengendalian terhadap naiknya tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang cenderung menanjak terus menerus, sedangkan jika dilihat dari data ekonomi Amerika yang dirilis akhir akhir ini terlihat :

  • Melemahnya sektor tenaga kerja
  • Inflasi yang rendah
  • Melemahnya sektor perumahan
  • Turunnya Jasa dan Kegiatan manufaktur
  • Kepercayaan konsumen dan Market indikator terlihat tidak terlalu kuat.

Pelemahan data diatas membuat para ekonom berpendapat bahwa the Fed tidak akan menaikan suku bunga nanti malam dan kemungkinan besar normalisasi akan dilakukan pada bulan desember, dengan syarat bahwa indikator ekonomi Amerika terlihat sudah membaik secara moderat dan telah masuk dalam track nya. Jika nanti malam ternyata The Fed menaikan suku bunga maka penguatan US Dollar tidak pernah akan terbendung sampai akhir tahun ini.

 

“The best option would be for the Fed to wait and see and take this opportunity to leave most of the policy statement unchanged”. 

 

 

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami