Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa

Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB

 

Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis tadi malam menunjukkan penurunan dibandingkan data bulan Maret namun tetap berada di atas ekspektasi para pengamat ekonomi. Angka CPI yang ditunjukkan berada pada 8.3%, turun dari 8.5% sebelumnya, namun mengalahkan ekspektasi 8.1% dimana hal ini menandakan bahwa inflasi memang sudah mencapai puncaknya namun akan sulit untuk dapat turun dengan cepat. Tentunya hasil ini semakin mendukung aksi The FED untuk menaikkan suku bunga secara agresif di pertemuan-pertemuan mendatang untuk melawan inflasi yang sulit turun. Kenaikan agresif terus-menerus yang dilakukan oleh The FED akan berdampak pada penguatan USD di perdagangan walaupun isu resesi dianggap nyata oleh beberapa pengamat ekonomis, namun Powell sendiri mengatakan bahwa ekonomi sudah cukup kuat dan dapat menahan akibat kenaikan suku bunga yang agresif. USD sempat menguat sebelum kembali melemah di perdagangan setelah perilisan angka inflasi ini karena angka inflasi bulan April turun dari data sebelumnya. Ke depannya, USD diprediksi dapat melanjutkan kenaikannya, terutama jika angka inflasi sulit turun dan The FED semakin agresif menaikkan suku bunganya.

 

Kesimpulan:

Angka CPI Amerika Serikat yang dirilis tadi malam menunjukkan angka 8.3%, menurun dari bulan sebelumnya namun melebihi ekspektasi para pengamat ekonomi sehingga banyak yang menganggap inflasi akan sulit untuk turun dengan cepat dan akan memicu kenaikan suku bunga yang agresif oleh The FED secara berkelanjutan di pertemua-pertemuan mendatang.

 

Efek terhadap Pasar: Tren Bullish untuk USD

 

Pasangan Pair untuk ditrade: AUD / USD

 

Indikator Angka Ekonomi:

AUD = -0.11

USD = +0.19

 

Timeframe: D1

 

Baca Juga :   Dollar Terus Menguat Menunggu Data Inflasi Kamis Nanti

Target Open Posisi

Resistance 3: 0.70484

Resistance 2: 0.69850

Resistance 1: 0.69299

 

Target Take Profit

Support 1: 0.68539

Support 2: 0.67452

Support 3: 0.66262

 

Sumber:

https://www.cnbc.com/2022/05/11/cpi-april-2022.html

https://www.cnbc.com/2022/05/11/us-bonds-treasury-yields-fall-ahead-of-key-inflation-data.html

https://www.reuters.com/markets/europe/dollar-hovers-near-2-decade-high-cpi-keeps-aggressive-us-rate-hikes-likely-2022-05-12/

About Reza Aswin

Check Also

Aksi Demonstrasi Massal Di Tiongkok Membukukan Kekuatan Safe Haven

Rio Wibawa Instagram: @rw_fxfunda Jakarta, 28 November 2022, 13:39 WIB Demonstrasi massal terjadi selama akhir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami