AS terancam shutdown akibat Senat Partai Republik kembali memblokir kenaikan batas utang AS, sementara itu PM Kanada terpilih Trudeau mengatakan kabinet akan terbentuk bulan depan dan menteri keuangan tetap

Denpasar 29 September 2021

Jefri Sapto Agustinus

Partai Republik di Senat AS untuk hari kedua berturut-turut memblokir upaya Partai Demokrat pimpinan Presiden Joe Biden untuk mencegah potensi default kredit AS yang melumpuhkan, karena ketegangan partisan mengguncang ekonomi yang pulih dari pandemi COVID-19. Dengan pendanaan pemerintah federal yang akan berakhir pada hari Kamis dan otoritas pinjaman akan habis sekitar 18 Oktober, Demokrat yang secara sempit mengontrol Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat bekerja untuk mencegah bencana fiskal kembar sementara juga mencoba untuk memajukan agenda legislatif ambisius Biden.

Pemimpin Partai Republik di Senat Mitch McConnell bersikeras bahwa Demokrat menggunakan manuver parlemen untuk sementara waktu mengangkat batas utang pemerintah sebesar $28,4 triliun tanpa suara Republik, meskipun Demokrat mencatat bahwa sekitar $5 triliun dari utang negara adalah hasil dari pemotongan pajak dan pengeluaran yang disahkan selama Presiden Donald Trump dari Partai Republik. kepresidenan. Dua tenggat waktu kritis telah menambah kekacauan pada musim gugur yang rumit bagi Demokrat, yang sangat terbagi atas sepasang tagihan senilai sekitar $4,5 triliun yang merupakan inti dari agenda Biden.

Sebuah langkah yang disahkan oleh DPR pekan lalu akan mendanai pemerintah hingga 3 Desember. Jika Kongres meloloskan tindakan pada hari Rabu dengan garis waktu yang sama, Kongres masih harus berurusan dengan memberi Departemen Keuangan otoritas pinjaman tambahan. Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pemerintah akan kehabisan opsi untuk membayar utang pada 18 Oktober.

Di saat yang sama, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Selasa bahwa dia akan bersumpah dalam kabinet barunya bulan depan, dengan Chrystia Freeland kembali sebagai menteri keuangan dan wakilnya, setelah Partai Liberalnya terpilih kembali untuk ketiga kalinya.

Trudeau, berbicara dengan wartawan di Ottawa pada konferensi pers penuh pertamanya sejak pemilihan 20 September, juga mengatakan anggota parlemen akan kembali ke parlemen musim gugur ini – tanpa memberikan tanggal – dan menempatkan mandat vaksin yang diumumkan sebelumnya akan menjadi prioritas.

“Saya telah meminta Chrystia Freeland untuk terus menjabat sebagai wakil perdana menteri dan menteri keuangan kami, dan dia telah menerimanya,” katanya.

 

Sumber : https://www.reuters.com/world/us/bidens-democrats-congress-race-head-off-shutdown-default-2021-09-28/

https://www.cnbc.com/2021/09/28/congress-must-raise-the-debt-limit-by-oct-18-yellen-warns.html

https://www.reuters.com/world/americas/canada-pm-trudeau-says-new-cabinet-be-sworn-next-month-finance-minister-stay-2021-09-28/

 

Trading Plan:

Score data ekonomi : USD = -0,38 ; CAD = -0,21

Sell USD/CAD

Entry : 1.27297 – 1.28435

Exit   :  1.26159 – 1.25021

About Reza Aswin

Check Also

Krisis Bahan Bakar Membuat Warga Inggris Lebih Berhati Hati Dalam Berbelanja

Surabaya 12 Oktober 2021 Oleh: Leo Andre             Konsorsium Ritel Inggris mengatakan belanja ritel kehilangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami