Bank of Canada menaikkan Suku Bunganya

Rio Wibawa

Jakarta, 14 April 2022, 13:29 WIB

 

Kemarin malam, Bank of Canada resmi menaikkan suku bunganya sebanyak 50 basis poin atau sekitar 0.5%. Ini merupakan aksi yang signifikan karena ini merupakan kenaikan terbesar dalam 2 dekade terakhir, serta BoC juga berjanji untuk terus menaikkan suku bunga ke depan untuk melawan tingkat inflasi akibat perang di Ukraina. Harga minyak juga dapat meningkat dengan mulai dilonngarkan sedikit aturan lockdown di Shanghai yang telah berjuang melawan varian baru omicron. Selain itu, masih berlanjutnya perang di Ukraina juga dapat mendorong penguatan harga minyak karena besar kemungkinan banyak negara yang memberlakukan sanksi larangan impor minyak asal Rusia. Semua ini akan mendorong mata uang CAD untuk menguat di perdagangan selama beberapa waktu ke depan. Di sisi lain, Bank of Japan masih tetap akan mempertahankan kebijakan ultra longgarnya untuk membantu pemulihan ekonomi karena kenaikan bahan baku global. Ini akan terus menekan Yen ke depan.

 

Kesimpulan:

Adanya kenaikan suku bunga dari BoC sebanyak 50 basis poin dan tekad BoC untuk terus menaikkan suku bunga guna melawan tingkat inflasi yang tinggi akan menguatkan maa uang CAD di perdagangan sementara kebijakan BoJ untuk tetap mempertahankan kebijakan ultra longgarnya akan melemahkan JPY di perdagangan.

 

Efek terhadap Pasar: Tren Bullish untuk CAD, Tren Bearish untuk JPY

 

Pasangan Pair untuk ditrade: CAD / JPY

 

Timeframe: D1

 

Target Open Posisi

Resistance 3: 100.935

Resistance 2: 100.498

Resistance 1: 99.982

 

Target Take Profit

Support 1: 99.020

Support 2: 98.348

Support 3: 97.676

Sumber:

https://www.reuters.com/business/finance/bank-canada-set-play-catch-up-with-rare-50-bps-rate-hike-2022-04-13/

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/bojs-wakatabe-says-japan-no-longer-suffering-sustained-price-falls-2022-04-14/

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami