Bank sentral Australia dapat menaikkan suku bunga 0,1 % mulai agustus & target penggangguran dibawah 4%

Jakarta, 11 feb 2022, By Toni Tan

 

Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe mengatakan belum pasti bahwa kenaikan inflasi baru-baru ini akan bertahan dan Dewan RBA siap untuk bersabar untuk memastikannya.

“Saya pikir ketidakpastian ini tidak akan diselesaikan dengan cepat. Beberapa CPI lainnya akan bagus untuk dilihat,” kata Lowe, mengacu pada laporan indeks harga konsumen (CPI) triwulanan.

Itu akan membuka pintu untuk kenaikan suku bunga 0,1% mulai Agustus dan seterusnya, mengingat data untuk IHK kuartal Maret akan jatuh tempo pada 27 April dan kuartal Juni pada 27 Juli.

Pasar keuangan bertaruh itu harus bergerak lebih agresif, dengan harga berjangka naik menjadi 0,25% pada Juni, dan kemudian empat lagi menjadi 1,25% pada akhir tahun.

Pandangan hawkish ini berutang banyak pada prospek suku bunga AS, di mana pembacaan inflasi tinggi yang mengejutkan lainnya membuat pasar bertaruh Federal Reserve akan menaikkan 50 basis poin penuh bulan depan.

Lowe mencatat inflasi inti baru-baru ini kembali ke kisaran target RBA sebesar 2-3%, setelah menghabiskan tujuh tahun di bawah 2%.

Pertumbuhan upah juga tertinggal di 2,2%, kurang dari setengah kecepatan Amerika Serikat atau Inggris, dan pembuat kebijakan menginginkannya naik 3,0% atau lebih sebelum menarik stimulus.

Itu memberi RBA kesempatan langka untuk mencoba dan mendorong pengangguran turun di bawah 4% untuk pertama kalinya dalam 50 tahun,. Tingkat pengangguran mencapai level terendah 13-tahun 4,2% pada Desember setelah jatuh lebih cepat dari yang diperkirakan siapa pun.

Sementara di inggris Kepercayaan rumah tangga Inggris tentang prospek keuangan mereka turun bulan lalu ke level terendah dalam lebih dari delapan tahun karena inflasi melonjak dan orang-orang merasa kurang aman tentang pekerjaan mereka.

Inflasi harga konsumen di bulan Desember mencapai level tertinggi hampir 30 tahun di 5,4% dan minggu lalu Bank of England mengatakan sepertinya akan mencapai puncaknya di sekitar 7,25% di bulan April.

 

Tren Buliish utk AUD & Bearish utk GBP

Trading plan utk pair GBP/AUD  (Sell)

TF : D1

R1 :  1.9060                              S1 :  1.8963

R2 :  1.9140                              S2 :  1.8911

R3 :  1.9257                              S3 :  1.8851

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/australias-central-bank-sees-risks-hiking-rates-too-early-2022-02-10/

https://www.reuters.com/world/uk/financial-gloom-deepens-uk-households-yougovcebr-2022-02-09/

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami