Saturday , 26 September 2020

Countdown to Brexit referendum

Reza Aswin, 20 Juni 2016

 

Countdown to Brexit referendum

Sudah lama saya tidak menulis di catatan harian ini, karena pekerjaan konsultasi dan analisa person to person yang semakin hari semakin menyita waktu untuk menulis di wesites ini, Hari ini kembali kita dihadapkan oleh detik detik Countdown to Brexit referendum, dimana tanggal 23 Juni 2016 rakyat Inggris akan melakukan  referendum untuk memutuskan apakah terus menjadi bagian dari Uni Eropa atau tidak , dan poling ditutup pada pukul 04.00 WIB, Jumat pagi.

Untuk pelaku pasar ini merupakan moment untuk bertransaksi karena disetiap krisis yang terjadi maka disana terdapat peluang yang sangat besar, mengingat fluktuasi harga dipasar yang tinggi merupakan kesempatan bagi kita untuk memperoleh keuntungan. Clear posisi sebelum referendum dilakukan merupakan tindakan paling bijak yang dilakukan oleh setiap investor, mengingat efek dari referendum ini akan berdampat sampai beberapa waktu kedepan.

Banyak analis dan ekonom dunia mulai memprediksi hasil referendum tersebut didasari oleh hasil polling yang ada, dan angka polling ini selalu bergeser setiap saat , terlebih lagi saat terjadi penembakan anggota parlemen inggris yang sedang berkampanye “Tetap” di zone eropa membuat polling bergeser 70% remain – 30 Leave tetapi disisi lain banyak pula yang mengatakan 44% leave – 44% Remain – dan hasil polling ini tentunya menambah ketidakpastian dalam politik Inggris dan tentunya akan berakibat pada fluktuasi harga poundsterling jelang referendum.

Banyak ekonom dunia mengatakan jika hasil voting adalah “Tinggalkan Uni Eropa”, pound bisa turun tajam, saham dan komoditas akan Free Fall, sementara safe havens, seperti emas dan obligasi, akan meningkat. Sedangkan apabila hasilnya “Tetap di Uni Eropa” mungkin akan berdampak sebaliknya, menyebabkan penguatan kembali pound dan aset berisiko, serta aksi jual di obligasi.

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan seperti ini

  1. Clear position merupakan langkah bijak jelang hasil referendum diumumkan (terlebih lagi Janet Yellen akan testimoni hari selasa dan rabu )
  2. Gunakan trailing stop untuk memaksimal kan keuntungan anda

jangan lakukan kesalahan dengan membuka posisi sebelum refendum dan siapkan mental anda untuk menghadapi market yang mempunyai fluktuasi harga yang cukup tinggi.

 

Have a nice Trade

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami