Data CPI AS Melemah

Apa yang terjadi di pasar

Data CPI Amerika Serikat tahunan dirilis melemah tadi malam dari 7,1% menjadi 6,5%, begitu juga dengan data CPI bulanan yang turun dari 0,1% menjadi -0,1%. Data CPI ini merupakan salah satu tools yang diawasi oleh The Fed guna menentukan kebijakan moneter pada tanggal 1 Februari 2023. Dengan naiknya suku bunga maka terjadi permintaan yang rendah, sehingga mendorong harga minyak bumi melemah dan berujung dengan meredanya laju tingkat inflasi di Amerika Serikat. Saat ini suku bunga acuan The Fed telah mencapai 4,25% dan dengan angka inflasi saat ini 6,5%, maka diprediksi bank sentral AS hanya akan menaikan suku bunga 25 bps pada rapat FOMC awal bulan depan. Kenaikan suku bunga masih tetap akan terjadi pada 2 sampai 3 kali pertemuan mendatang, tetapi saya pikir sudah tidak terlalu agresif lagi kedepannya.

Dilain sisi negara tirai bambu China mulai bergerak lagi, setelah strategy Nol Covid dicabut oleh Pemerintah. Keadaan ini tentunya memberikan harapan yang cerah bagi prospek ekonomi di China. Walaupun terlihat adanya lonjakan orang terinfeksi Covid masih tinggi di negara tersebut, tetapi angka tingkat kematian tidak naik secara signifikan. Keadaan diharapkan membuat pertumbuhan ekonomi global menjadi lebih baik kedepannya.

Baca Juga :   RBNZ kembali menaikkan Suku Bunganya dan bernada Hawkish

Efek Terhadap Pasar
Turunnya data CPI AS dan pembukaan penguncian di China akan membuat pair AUDUSD  cenderung menguat kedepannya

Ekspektasi Pasar
Diprediksi AUDUSD bergerak dalam range  0.6924 – 0.7017

Trading Plan :
Buy Limit  0.6859 – 0.6924 dengan target 0.7017 – 0.7079
Stoploss 0.6757

Grafik AUDUSD timeframe D1

Disclaimer
Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan menit bahkan jam, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang. Perhitungkan money management sangat diperlukan sebelum melakukan transaksi mengingat setiap transaksi dalam forex dapat berakibat habisnya dana yang ditransaksikan.

About Reza Aswin

Check Also

Eskalasi Ketegangan Geopolitik Meningkat

Eskalasi ketegangan geopolitik antara barat dan timur meningkat, setelah Amerika Serikat memutuskan untuk mengirim kendaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami