ECB in Action

Reza Aswin, 7 Maret 2016

 

ECB in Action

Hasil NFP mendorong pelaku pasar berkeyakinan bahwa The Fed akan lebih banyak bersabar dalam menaikan suku bunga di bulan ini. Tetapi cobalah untuk melihat kembali secara utuh dimana lowongan pekerjaan diluar sektor pertanian meningat cukup signifikan 242.000 jauh melebihi forecast dan previous, sedangkan tingkat penggangguran stabil di angka 4,9% yang mana dapat diartikan bahwa bias hawkish masih tetap ada dalam perekonomian Amerika Serikat dan tentunya ini akan membuat penguatan dollar untuk minggu depan.

Pelamahan US dollar yang berasal dari banyaknya analisa members the Fed yang mengatakan bahwa suku bunga tidak akan berubah, rupanya membuat eurusd terkerek naik secara signifikan walaupun index harga konsumen jatuh melewati Nol. Hari kamis tanggal 10 maret 2016 ECB akan menetapkan kebijakan moneter dan tentunya pasar berharap peningkatkan Quantitative Easing dan peningkatkan jumlah aset yang dibeli. Tetapi jika hanya suku bunga deposito yang dipangkas maka eurusd akan kembali melesat tinggi. Masih banyak tindakan yang harus diambil oleh ECB guna memperbaiki ekonomi dikawasan uni eropa selain masalah jatuh tempo bailout bagi Yunani yang akan mewarnai kejatuhan mata uang ini dan akan kembali menyeret perekonomian eropa menjadi lebih terpuruk.

Naiknya harga komoditas ternyata digunakan oleh Aussie untuk naik lebih tinggi dari perkiraaan pasar sekitar 2-3% terhadap US Dollar. Kita mengetahui bahwa mata uang ini terkenal dengan nama commodity currency dan kenaikan inipun disebabkan karena pasar ekuitas yang relatif stabil di china. Walaupun begitu kita harus tetap ingat bahwa audusd akan lebih nyaman jika berada di level 0,65 kata beberapa petinggi RBA.

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami