Eskalasi Ketegangan Geopolitik Meningkat

Eskalasi ketegangan geopolitik antara barat dan timur meningkat, setelah Amerika Serikat memutuskan untuk mengirim kendaraan lapis baja ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Presiden Joe Biden menyetujui bantuan militer baru senilai $400 juta untuk Ukraina, sehingga genap bantuan AS untuk ukraina menjadi $27,1 milliar sejak tahun lalu. Dalam paket bantuan tersebut meliputi 31 tank Abrams dengan peluru 120mm dan amunisi lainnya, 8 kendaraan taktis, dukungan kendaraan dan peralatan, serta dana untuk pelatihan, pemeliharaan yang berkelanjutan. Dengan adanya bantuan ini maka Pemerintah Jerman mengumumkan bahwa pihaknya siap untuk mengirimkan 14 tank tempur Leopard2 serta mengizinkan negara lain mengirimkan tank buatan Jerman sendiri ke Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan kemarahannya tentang propek pengiriman tank barat ke Ukraina. Ruisa membalas dengan Latihan rudal hipersonik di bagian barat Samudera Atlantik. Peluru Kendali berkecepatan 9x kecepatan suara ini memiliki jangkauan 1000 km dan dapat mengenai target Angkatan laut atau darat.

Disisi lain para pelaku pasar saat ini sedang menunggu data ekonomi AS yaitu GDP kuartal 4 tahun 2022, data tenaga kerja Jobless Claims dan data sektor perumahan New Home Sales. Kesemua data ekonomi AS ini menjadi penting karena para pelaku pasar akan mengukur seberapa kuat resesi akan terjadi atau soft landing akan berjalan dengan baik. Data ini dapat mempengaruhi kebijakan moneter Fed minggu depan.

Efek Terhadap Pasar
Ketidakpastian geopolitik global dan ekonomi di Amerika Serikat akan membuat harga emas cenderung menguat kedepannya.

Baca Juga :   Perang merembet ke moldova, ancaman supply energy membebani EURO

Ekspektasi Pasar
Diprediksi XAUUSD bergerak dalam range  1940 – 1972

Trading Plan :
Buy Limit  1918 – 1940 dengan target 1972 – 1998
Stoploss 1874

Grafik XAUUSD timeframe D1

Disclaimer
Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan menit bahkan jam, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang. Perhitungkan money management sangat diperlukan sebelum melakukan transaksi mengingat setiap transaksi dalam forex dapat berakibat habisnya dana yang ditransaksikan.

About Reza Aswin

Check Also

Ekspektasi Kebijakan The Fed

Jakarta , 24 Januari 2023 By. Reza Aswin Apa yang terjadi di pasar Risk on …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami