Eurozone Crisis ?

Dollar melemah disemua major currency secara signifikan. Mungkinkah efek terhadap pembelian Bond oleh ECB yang mencapai 2,2 bln eur minggu lalu dapat menggerakan market sehingga $ US melemah terhadap aussie di level 1.0574. Atau kah karena harapan pertemuan Eropa dapat hasilkan rencana untuk akhiri krisis utang. Menteri keuangan Eropa akan bertemu untuk membahas kesepakatan debt swap Yunani, disiplin fiskal, dan benteng untuk cegah penularan krisis lebih lanjut. Fundamental memang suatu faktor untuk menentukan arah market dan Teknikal merupakan suatu efek dari faktor fundamental, tetapi perlu digaris bawahi bahwa terbentuknya suatu harga karena ada supply and demand dari money market yang ada. Persamaan kebiasaan, prilaku, perasaan dan lain lain dari pasar membentuk suatu gambaran besar dalam Global Market yang ter visualisasi kedalam suatu Grafik dan beberapa analis mengatakan sebagai ” Faktor teknikal or  Profit taking ” dll.

Kembali ke persoalan apakah penyebab $ US melemah saat ini ? Bisa jadi karena alasan diatas, dimana Bursa saham regional, terutama di Eropa turut menguat di hari Senin, dimotori oleh penguatan emiten sektor perbankan menjelang hasil kesepakatan restrukturisasi utang pemerintah Yunani dengan para kreditur swasta (tgl. 24 januari 2012). Jika berhasil menukarkan surat utangnya yang lama dengan yang baru, maka Yunani bisa mengulur jatuh tempo pembayaran utang pada para kredit, dan terhindar dari default / kasus gagal bayar secara tidak teratur. Tetapi banyak juga trader melakukan open posisi berdasarkan rumors dan me liquid nya setelah data dikeluarkan. QE 3 merupakan rumor terbesar USA akhir akhir ini dengan target sebesar $ 1 triliun, Dengan pertemuan FOMC dari Fed tanggal 23, 24 dan 25 Januari 2012, ekspektasi meningkat bahwa terpuruknya pasar perumahan akan meendorong bank sentral untuk membeli obligasi perumahan. Tujuan program pembelian tersebut dalah menurunkan tingkat suku bunga lebih rendah lagu dari rekor rendah saat ini, dan juga sedikit banyak memicu kepercayaan bahwa masih ada kebijakan moenter untuk menstimulus perekonomian.

Masalah eropa bukanlah masalah kecil dimana menukar surat hutang lama negara Yunani dengan yang baru dan membayar swap bukanlah secara langsung membuat eropa terlepas dari Snow Ball yang sedang bergulir. Begitu pula dengan rumor QE 3 dimana The Fed mempunyai mandat untuk menaikan tingkat inflasi dan menurunkan jumlah penganguran. Jika dilihat dari data Unemployment Claims yang menurun dari 402 K menjadi 352 K dan CPI yang merupakan faktor inflasi turun dari 0.2% menjadi 0.1% maka terlihat bahwa QE3 menjadi 50 : 50 untuk menjadi keputusan bulat The Fed pada tanggal 26 Januari 2012 pukul 02.15 WIB dini hari.

Apakah $ US akan melemah terus sehingga Euro dan Emas akan meraih kenaikan kembali diminggu ini? atau Bukankah setiap akan ada penurunan yang signifikan diawali dengan kenaikan yang signifikan?

Haruskah Transaksi sebelum berita besar keluar? ??? Cek kembali Analisa Fundamental dan Teknikal anda, apakah sudah Klik ????

About Reza File

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia email : rz_aswin@yahoo.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

WhatsApp Hubungi Kami