Thursday , 24 September 2020

G20 & Federal Reserve System

Reza Aswin, 28 Februari 2016

 

G20 & Federal Reserve System

Jumat dan sabtu kemarin merupakan pertemuan tingkat tinggi negara negara maju dan negara berkembang guna mengkonsultasikan secara sistematis serta menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi negara maju dengan negara berkembang guna membahas isu-isu penting perekonomian dunia. Forum tersebut di namakan  The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Pertemuan yang berlangsung di kota Shanghai, Ini menjadi penting bagi para pelaku pasar mengingat saat ini mata dunia tertuju kepada perlambatan laju ekonomi dunia dengan disertai turunnya harga komoditas.

Di dalam Forum G20 Shanghai ini sebenarnya China mempunyai peluang untuk meyakinkan pasar dalam bernegoisasi dengan seluruh gubernur bank sentral dan menteri keuangan dunia guna mengkonsolidasikan kebijakan moneter dan fiskal dalam perbaikan ekonomi dunia kedepannya. Walaupun hasil G20 tidak melebihi ekspektasi pasar, tetapi setidaknya pasar ekuitas dapat relatif stabil setelah pemerintah China masih terus berusaha untuk mengkedepankan transparansi kebijakan dan reformasi struktural sektor riil. Disatu sisi ini merupakan point untuk pasar ekuitas kembali menjadi stabil.

Disisi lain minggu ini pasar akan kembali disibukan dengan data dari US berupa ISM, ADP dan Non Farm payroll. Kita ketahui bersama bahwa jika NFP US kembali membaik dan upah rata rata perjam meningkat maka pasar akan memborong US Dollar dengan asumsi akan terjadi lobi lobi internal didalam member The Fed untuk menaikan suku bunga pada tanggal 16 – 17 maret 2016.

Dengan melihat keadaan seperti ini maka akan terjadi hubungan yang sangat erat antara Ekuitas dengan Gold sebagai save haven. Hasil pertemuan G20 yang tidak terlalu baik dipadukan dengan hasil akhir NFP dan upah rata akan dapat membuat Gold terkoreksi cukup dalam, tetapi kita harus ingat bahwa pembangun pertumbuhan ekonomi dunia, tidaklah seperti membalikan tangan. harga Gold yang rendah merupakan harga terbaik untuk mem BELI dan bukan untuk di JUAL.

” The baby bull has to kick the shorts in the teeth one more time before this intermediate cycle tops” (Gary Savage)

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami