Wednesday , 25 November 2020

Gold Strategic

Reza Aswin , 27 Maret 2016

 

Gold Strategic

 

Banyak Client bertanya apakah Gold sudah masuk ke pembalikan trend atau masih dalam tahap koreksi ? Bagi saya bukan masalah masih Rally atau sudah pembalikan trend  tetapi yang penting adalah ” Gold Startegic” atau strategi yang kita siapkan dalam bertransaksi Gold tanpa harus Adrenalin. 2 bulan lalu saya pernah membuatkan strategi untuk Aussie disaaat Aussie ada di level 0,68 – 0,69 dengan target 0,75 beserta perhitungannya kepada beberapa Client yang ada. Dengan cara yang sama maka kita akan bahas bagaimana  membuat ” Gold Startegic” untuk beberapa waktu kedepan :

  1. MONEY MANAGEMENT : sudah kita bahas di banyak forum/ komunitas bahwa agar aman bertransaksi di Gold kita diharuskan menyediakan equity 30% dari contract size Gold. Harga Gold saat ini adalah 1215.00 artinya kita sebaiknya menyediakan equity sebesar $36.450/ 1 lot open position Gold. Dan jika volume nya dibawah 1 lot, maka kita tinggal menyesuaikannya. Dengan equity sebesar tsb maka Jika gold terdepresiasi 30% maka Equity kita akan HABIS. Mampukan dalam waktu dekat Gold akan terdepresiasi 30% atau sampai di level : $850.50/ Troyounce ? Jika jawaban kita tidak…maka apa yang perlu dikhawatirkan.
  2. ANALISA FUNDAMENTAL : Gold memang bukanlah mata uang yang dapat di intervensi keberaadaannya oleh siapun. Gold dan metal lainnya memang sangat bergantung kepada sentimen pasar yang ada, tetapi bukan berarti kita tidak dapat menganalisanya secara benar. Gold merupakan satu diantara 4 Safe Haven di Money Market dimana saat ini : Pelemahan mata uang oleh bank sentral disetiap negara membuat peluang penguatan Gold akan berlanjut, Ketidak stabilan politik dan teror disetiap negara terutama eropa akan turut membuat Gold akan melanjutkan penguatannya dan yang terakhir adalah Ketidakpastian dari The Fed untuk menaikan suku bunga merupakan alasan kenaikan Gold kedepan. Apa yang mengancam kenaikan Gold kedepan adalah Penguatan US Dollar (kalo US menguat bagaimana? emangnya gold akan turun sampai $850/troyounce????)
  3. ANALISA TEKNIKAL : Semua dari kita sudah dapat dengan cermat menganalisa teknikal Gold dan saya terntunya tidak perlu membahas detailnya karena anda lebih hebat untuk analisa yang satu ini. Dalam Grafik Monthly terlihat bawah Gold sudah berusaha untuk keluar dari DOWNTREND CHANNEL yang terbentuk sejak bulan februari 2014. Koreksi pasti akan terjadi tetapi kita harus ingat bahwa kita tidak akan pernah dapat mengetahui TOP dan BOTTOM dari harga yang sedang berjalan, sehingga lupakan jika kita menanyakan berapa The Best Price untuk BUY GOLD, yang kita bisa lakukan adalah prediksi akan membeli Gold di level 1215 – 1180 (akankah 1180 ada? mmmmm saya orang biasa dan bukan orang mempunyai energi Supranatural)
  4. TRADING PLAN :  Dengan melihat analisa Fundamental : BUY dan analisa Teknikal : SELL maka keputusan yang diambil adalah WAIT & SEE FOR BUY dengan perencanaan trading sebagai berikut : TARGET 1280 ===> RESIKO Jika Harga melewati 1150 (padahal equity kita kuat sampai $850.50, mengapa ada resiko di level itu, karena Gold akan berusaha masuk ke Channel Downtrend kembali) dengan Prediksi BEST PRICE BUY GOLD disekitar 1200 – 1180
  5. KESIMPULAN : Siapkan equity anda sebesar $36.450/ 1 Lot dan equity yang disiapkan tidak akan membuat anda margin call dalam waktu dekat. Siapkan Mindset kita untuk BUY  Gold  karena banyak faktor fundamental yang akan membuat gold akan dibeli dikemudian hari. Secara Teknikal kita dapat memprediksi bahwa kita akan open position : Best Price Buy Gold berkisar antara 1200 – 1180  dengan Target 1280 dan Resiko dibawah 1150, mengingat Closing Daily dibawah 1150 akan membuat Gold masuk kembali ke Channel downtrend dengan arah ke level $1000/troyounce. Terakhir adalah Mencoba untuk tidak merubah trading plan / strategi trading kita setiap harga bergerak naik atau turun ====> Stick to The Plan akan jauh lebih baik bagi kesehatan jantung anda.

Gold 27 Maret 2016

 

Apa yang harus diwaspadai untuk bulan April adalah

1 April Data NFP

7 April  FOMC Meeting Minutes

28 April FOMC Meeting

 

ARE YOU READY !!!

 

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami