Saturday , 27 November 2021

Harga Emas Naik ke $1900 / Troy ons ???

Bandung, Selasa 07 September 2021 Pukul 08.00 WIB oleh Irwan Redyawan

Sepanjang minggu kemarin, harga emas dunia di pasar spot naik 0,6% secara point-to-point. Harga komoditas ini mulai nyaman di atas US$ 1.800/troy ons setelah Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pertambahan pekerjaan hanya sekitar 235.000 hal ini membuat melesatnya harga emas karena rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang sangat rendah pada periode Agustus tahun 2021.

Laporan data tenaga kerja AS ini menjadi faktor yang sangat bullish bagi harga emas namun dampak yang paling dalam dari laporan ini adalah bahwa The Fed  harus menahan rencana mereka untuk yang semula sudah ingin melakukan “tapering” dalam skema pembelian obligasi senilai $120 miliar per bulan dan meneguhkan keyakinan mereka untuk tetap mempertahankan tingkat bunga mendekati Nol untuk waktu yang lebih lama lagi.

Selain itu penyebaran Covid-19 varian Delta juga telah ikut andil memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi AS. Jika penyebaran virus Covid-19 varian Delta berlanjut dan memperburuk perekonomian, maka The Fed berpeluang memundurkan jadwal tapering. Sebelum muncul varian Delta, para ekonom telah memperkirakan bahwa NFP pada bulan Agustus dapat memberikan penambahan pekerjaan sebanyak satu juga orang lebih.

Survei yang dilakukan Kitco juga menunjukkan potensi emas dunia melesat pekan ini. Survei yang dilakukan terhadap 15 analis di Wall Street menunjukkan sebanyak 10 orang atau 67% memberikan proyeksi bullish (tren penguatan) di pekan ini, 2 analis bearish (tren turun) dan sisanya netral.

Efek Terhadap Pasar

Laporan data tenaga kerja AS yang kurang baik serta penyebaran Covid-19 varian Delta berdampak terhadap Tapering yang tidak akan dilakukan dalam waktu dekat, serta dolar AS yang diprediksi melemah tentunya membuat harga emas dunia kedepanya berpeluang mengalami penguatan.

Trading  Plan :

Buy Limit 1810.56 s/d  1819.50 Take profit diantara 1828.44  s/d  1837.38

 

Grafik XAUUSD timeframe D1 (daily)

About Reza Aswin

Check Also

Inflasi Inggris berada di Tingkat Tertinggi dalam 10 Tahun

Rio Wibawa Jakarta, 18 November 2021, 09:17 WIB   Angka data inflasi Inggris yang berada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami