Harga Emas Tertekan Setelah Kepastian Kebijakan The Fed yang Lebih Agresif

Bandung, Kamis 16 Desember 2021 Pukul 09.00 WIB oleh Irwan R

Setelah pertemuan selama dua hari, The Fed mengisyaratkan untuk mengakhiri pembelian obligasi dan membuka jalan bagi kenaikan suku bunga tiga perempat poin persentase pada akhir tahun 2022. The Fed mengatakan akan mempercepat pengurangan pembelian obligasi bulanan yaitu dengan membeli $60 miliar obligasi setiap bulan mulai Januari 2022, setelah sebelumnya melakukan pengurangan sebesar $15 miliar per bulan pada bulan November dan dua kali lipat pada bulan Desember, kemudian di proyeksikan akan mempercepat pengurangan lebih lanjut pada tahun 2022. Proyeksi tersebut menunjukkan bahwa pejabat Fed melihat sebanyak tiga kenaikan suku bunga akan terjadi pada tahun 2022

Dalam beberapa komentarnya ketua The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa Tingkat pengangguran AS turun, inflasi meningkat sehingga pihaknya telah siap untuk kenaikan suku bunga tahun depan yang akan datang lebih cepat dari yang diharapkan.

Selain itu, terkait penyebaran Covid Omicron ketua The Fed Jerome Powell juga mengatakan varian Covid omicron adalah risiko bagi pertumbuhan ekonomi, tetapi tidak berdampak pada rencana bank sentral untuk mempercepat pengurangan bantuan di era pandemi.

dengan melihat dengan lonjakan inflasi baru-baru ini 12 anggota FOMC mengharapkan setidaknya tiga kenaikan suku bunga tahun depan. Lima anggota mengharapkan dua kenaikan suku bunga dan satu anggota mengharapkan satu kenaikan pada tahun 2022. mayoritas anggota The Fed mengindikasikan tiga kenaikan suku bunga pada tahun 2022, menurut apa yang disebut “plot titik” proyeksi bank sentral.

 

Efek Terhadap Pasar

setelah dari pernyataan kebijakan The Fed tersebut yang cenderung bernada ‘hawkish” kedepanya diperkirakan harga emas cenderung akan mengalami penurunan.

Trading  Plan :

XAUUSD Sell Limit 1787.05  s/d 1814.91 Take Profit diantara 1759.19 s/d 1731.33

 

 

 

Grafik XAUUSD timeframe D1 (daily)

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami