Saturday , 25 September 2021

Harga Minyak melanjutkan Peningkatannya

Rio Wibawa

Jakarta, 13 September 2021, 10:58 WIB

 

Harga minyak kembali melanjutkan peningkatannya menuju harga tertinggi dalam satu minggu karena adanya kekhawatiran akan persediaan dari Amerika Serikat setelah diserang oleh Badai Ida. Selain itu, market berekspektasi bahwa akan terjadi peningkatan permintaan akan minyak. Sebanyak ¾ dari produksi minyak lepas di pantai teluk Amerika Serikat (1,4 juta barrel) per hari sudah berhenti diproduksi sejak akhir Agustus. Selain itu, Gubernur Tiff Macklem dari Bank of Canada mengatakan bahwa perekonomian Canada sedang bergerak lebih dekat ke titik dimana tidak diperlukannya penambahan stimulus melalui program QE. Dua hal ini tentunya akan mendorong penguatan CAD dalam perdagangan.

Di sisi lain, di daerah New South Wales, Australia, terjadi kenaikan kasus sebanyak 1,257 kasus harian baru. Tingkat vaksinasi juga melambat setelah 46% warga New South Wales telah dua kali divaksinasi. Selain itu, di negara bagian terpadat ketiga di Australia, Queensland, mendeteksi adanya 5 infeksi baru dalam 24 jam terakhir yang terjadi di sebuah keluarga. Sebuah keputusan untuk memberlakukan lockdown akan ditentukan beberapa hari ke depan dan jika lockdown diterapkan di Queensland, maka ekonomi Australia akan kehilangan 1,5 T USD dan dapat masuk ke dalam resesi. Adanya cuaca panas di Sydney juga membuat banyak orang pergi menuju pantai yang tentunya juga dapat mendorong penyebaran virus covid-19. Semua hal ini dapat mendorong pelemahan AUD dalam perdagangan.

 

Kesimpulan:

Meningkatnya harga minyak serta adanya kemajuan perekonomian Canada dapat membuat CAD menguat sedangkan adanya pelambatan tingkat vaksinasi di New South Wales serta adanya infeksi baru di Queensland yang menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya resesi dapat membuat AUD melemah.

 

Efek terhadap Pasar: Tren Bullish untuk CAD dan Tren Bearish untuk AUD

 

Pasangan Pair untuk ditrade: AUD / CAD

 

Timeframe: D1

 

Target Open Posisi

Resistance 3: 0.94936

Resistance 2: 0.94213

Resistance 1: 0.93658

 

Target Take Profit

Support 1: 0.92824

Support 2: 0.92186

Support 3: 0.91574

Sumber:

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/australias-nsw-state-says-coronavirus-vaccination-pace-slows-2021-09-12/

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/australias-new-south-wales-reports-1257-local-covid-19-cases-2021-09-13/

About Reza Aswin

Check Also

Harga Gas kembali menguat yang berdampak kepada Ekonomi inggris

Surabaya,20 September 2021 Oleh:Leo Andre Inggris pada Sabtu mengatakan akan bekerja sama dengan industri energi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami