Harga Minyak Melanjutkan Tren Kenaikan nya, CADJPY Diroyeksi Semakin Menguat

Bandung, Kamis 13 Januari 2022 Pukul 13.00 WIB oleh Irwan R

Harga minyak mentah dunia naik pada perdagangan Kamis, 13 Januari 2022 pukul 09.00 WIB. Minyak Brent ditransaksikan seharga US$ 84,77 per barel, naik 0,02% dibandingkan perdagangan hari sebelumnya dan untuk minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada harga US$ 82,66 per barel, naik 0,02. Harga minyak mencapai harga tertinggi selama dua bulan terakhir di tengah ketatnya pasokan dan meredanya kekhawatiran tentang potensi pukulan terhadap permintaan dari varian virus corona Omicron.

Hal yang mendorong naik harga minyak mentah adalah Energy Information Administration (EIA) AS menaikkan perkiraan  mereka mengenai harga minyak mentahnya, perkiraan bahwa permintaan AS akan naik 840.000 barel per hari pada tahun 2022, naik dari perkiraan sebelumnya untuk yaitu 700.000 barel per hari. Persediaan minyak mentah AS juga turun selama tujuh minggu berturut-turut, dan persediaan secara keseluruhan telah diperketat di seluruh dunia karena produsen utama berjuang untuk meningkatkan pasokan bahkan ketika permintaan meningkat meskipun kasus Omicron juga meningkat. Produsen OPEC+, Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, masih menahan lebih dari tiga juta barel per hari (bph) dalam produksi, sementara ekspor Iran terhambat oleh sanksi AS. Meskipun OPEC+ menaikkan target produksi setiap bulan, kesulitan teknis telah menghambat beberapa negara mencapai kuota mereka.

Di sisi lain BOJ secara luas diperkirakan akan mempertahankan target suku bunga jangka pendek di kisaran -0,10% dan untuk imbal hasil obligasi 10-tahun sekitar 0%, pada tinjauan kebijakan dua hari yang akan berakhir Selasa pekan depan. Gubernur BOJ, Haruhiko Kuroda kemungkinan masih akan menekankan bahwa kondisi moneter akan tetap sangat longgar di Jepang. Gubernur Kuroda telah berulang kali mengatakan pelemahan yen akan sangat menguntungkan ekonomi Jepang dengan memberikan keunggulan kompetitif pada ekspor.

Efek Terhadap Pasar

Sudah jadi rahasia umum kalau mata uang Dolar Kanada sering dikait-kaitkan dengan harga komoditas unggulan lokal mereka yaitu minyak, tak mengejutkan bila Dolar Kanada cenderung menguat ketika harga minyak dunia memuncak, ini berbanding terbalik dengan kebijakan moneter dari negara jepang yang masih ingin target suku bunganya dalam jangka pendek di angka -0,10%. Sehingga kedepanya pasangan pair mata uang CADJPY di prediksi kemungkinan masih dalam penguatan

Trading  Plan :

CADJPY Buy Limit 90.605  s/d 81.398 Take Profit diantara 92.031 s/d 92.744

Grafik CADJPY timeframe D1 (daily)

About Reza Aswin

Check Also

Wait & See

Jakarta, 16 Agustus 2022, by Reza Aswin Pendahuluan Pada saat kita mulai trading maka kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami