Hawkish or Dovish ?

Hawkish or Dovish ?

Reza Aswin, 29 Agustus 2016

 

Beberapa hari sebelum Jackson hole Symposium, saya mencoba sharing di suatu komunitas yang membicarakan masalah fundamental fx market, dimana dikatakan bahwa market akan bergerak sideways sebelum Symposium berlangsung, tetapi ada anggota komunitas yang mengatakan bahwa Jackson Hole Symposium di Wyoming TIDAK PENTING. Saya hanya terdiam dan dalam hati mengatakan bahwa ” Mungkin hanya dia yang sekolah dan saya tidak pernah sekolah” . Jackson Hole Symposium merupaka ajang pertemuan diskusi antara gubenur bank sentral dunia, Bankir papan atas dan para akademisi dari perguruan tinggi yang diadakan oleh The Fed Kansas. Menurut hemat saya ini menjadi penting karena para pelaku pasar sedang mencari bocoran dalam pidato Janet Yellen diacara tersebut, sebelum bulan september The Fed adakan meeting masalah kebijakan suku bunga.

Seperti yang sudah diduga bahwa saat Janet Yellen bicara di symposium tersebut, pasar langsung bereaksi keras dimana Keyakinan Janet yellen untuk menaikan suku bunga di tahun ini sudah bulat, dan ini di amin kan oleh komentar dari Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan pidato Yellen adalah “konsisten” dengan harapan kemungkinan kenaikan dua suku bunga di tahun ini, Dengan melihat keadaan ini maka prosentase pintu kenaikan suku bunga di bulan September naik menjadi 33% dan 60% di bulan deember 2016.

Tetapi kita harus ingat bahwa Hawkish bisa saja menjadi Dovish jika data data yang masuk minggu ini kurang baik bagi pertumbuhan perekonomian Amerika.  Pada hari Senin, ukuran inflasi yang disukai Fed, deflator PCE akan dirilis dan pada Jumat, Agustus nonfarm payrolls dilaporkan, dimana kita sudah mengetahui bahwa inflasi amerika belum mencapai 2% tetapi sektor tenaga kerja Amerika terus membaik dalam 2 bulan terakhir.

Jika anda bertanya : Apakah september atau desember the Fed akan menaikan suku bunganya ?

Walaupun Janet yellen telah membuka pintu untuk kenaikan suku bunga di bulan september, tetapi pasar masih melihat bahwa adanya  inkonsistensi data dan pemilihan presiden AS di masa yang akan datang, sehingga banyak analis lebih condong untuk mengatakan bahwa The Fed akan menaikan suku bunga berikutnya di bulan Desember 2016. Kita akan sama sama melihat data ekonomi pendukung yang akan dirilis minggu ini…….dan jangan ada lagi anggota komunitas yang mengatakan bahwa Deflator PCE tidak akan membuat pasar bergejolak……Fundamentalis yang aneh.

About Reza Aswin

Check Also

Kembalinya Ekonomi Inggris dan Saksi As Terhadap Russia

Wedananta,Bali,13/04/2021,09:05 WITA Inggris telah menderita jumlah kematian terkait virus korona tertinggi di Eropa. Tahun lalu ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami