HUBUNGAN EKONOMI CHINA – AUSTRAILA MERENGANG AUD/ CAD CENDRUNG BEARISH

Tangerang, 22 April 2021, 18.31 Adhitya Rahman

  • Australia telah membatalkan dua kesepakatan prakarsa pembangunan infrastruktur “Belt and Road” China dengan pemerintah negara bagian, yang memicu tanggapan marah dari Beijing.
  • Kesepakatan bilateral dengan negara bagian Victoria termasuk di antara empat yang diveto berdasarkan undang-undang baru yang memberi pemerintah federal kekuasaan untuk mengesampingkan perjanjian internasional oleh administrasi tingkat rendah yang melanggar kepentingan nasional.
  • Kedutaan Besar China di Australia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan tersebut “lebih lanjut menunjukkan bahwa pemerintah Australia tidak memiliki kesungguhan dalam meningkatkan hubungan China-Australia.”

Kesepakatan bilateral dengan negara bagian Victoria termasuk di antara empat yang diveto berdasarkan undang-undang baru yang memberi pemerintah federal kekuasaan untuk mengesampingkan perjanjian internasional oleh administrasi tingkat rendah yang melanggar kepentingan nasional, Menteri Luar Negeri Marise Payne mengatakan Rabu malam.

Kesepakatan “Belt and Road” yang dicapai dengan Beijing pada 2018 dan 2019 memicu tanggapan legislatif.

Pakta Departemen Pendidikan Victoria yang ditandatangani dengan Suriah pada 1999 dan Iran pada 2004 juga dibatalkan.

“Saya menganggap empat pengaturan ini tidak konsisten dengan kebijakan luar negeri Australia atau merugikan hubungan luar negeri kita,” kata Payne.

Kedutaan Besar China di Australia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan tersebut “lebih lanjut menunjukkan bahwa pemerintah Australia tidak memiliki kesungguhan dalam meningkatkan hubungan China-Australia.”

“Ini pasti akan membawa kerusakan lebih lanjut pada hubungan bilateral, dan hanya akan merugikan dirinya sendiri,” kata kedutaan pada hari Kamis, mengacu pada pemerintah Australia.

Global Times, corong berbahasa Inggris Partai Komunis China, mengatakan dalam judul: “Australia menghadapi konsekuensi serius atas provokasi yang tidak masuk akal terhadap China.”

Langkah itu “menandai eskalasi signifikan yang dapat mendorong hubungan bilateral yang sedingin es ke jurang yang dalam,” tambah surat kabar itu.

Hubungan bilateral Australia dengan mitra dagang terpentingnya berada pada titik terendah dalam beberapa dekade. Menteri pemerintah China menolak untuk menerima panggilan telepon dari rekan-rekan Australia mereka, dan gangguan perdagangan secara luas dilihat saat China memberlakukan hukuman ekonomi.

Tetapi Payne mengatakan pada hari Kamis bahwa dia tidak berharap China akan membalas.

“Ini tentang memastikan bahwa kami memiliki pendekatan yang konsisten terhadap kebijakan luar negeri di semua tingkat pemerintahan, dan ini bukan tentang satu negara,” katanya. “Hal ini pasti tidak dimaksudkan untuk merusak hubungan Australia dengan negara mana pun.”

Scoring Indicator Economic

AUD : 4,4

CAD : 5.6

Difference  -1.1

 

Trading Plan

Pair dan Posisi = AUD/ CAD “Sell”

SELL LIMIT DI AREA RESISTANCE

R3 : 0.98425

R2 : 0.98005

R3 : 0.97432

TAKE PROFIT DI AREA SUPPORT

S1 : 0.96439

S2 : 0.96019

S3 : 0.95446

About Reza Aswin

Check Also

Penyebaran Virus Covid-19 Varian B.1.617 akan berdampak pada Menguatnya XAU

Jakarta, 6 Mei 2021, 12:28 WIB by Rio Wibawa   Kondisi penyebaran serta angka infeksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami