Wednesday , 30 November 2022

Inflasi Amerika Serikat

Jakarta , 17 Oktober 2022 By. Reza Aswin

Apa yang terjadi di pasar

Tahun 2020 The Fed melakukan Program Stimulus Quantitative Easing, untuk membantu ekonomi nya saat terkena pandemic covid-19. Dampak dari program tersebut antara lain terjadinya Hyper Inflasi yang terjadi di tahun ini dengan pertumbuhan ekonomi global yang terlihat stagnasi atau yang dikenal dengan Stagflasi. Pertumbuhan ekonomi yang tidak meningkat dibanyak negara tetapi harga harga terus meningkat ini tentu saja bukan hanya karena program The Fed 2 tahun lalu, tetapi karena adanya gangguan rantai pasokan dunia yang terganggu karena adanya penguncian di China dan perang Rusia Ukraina. Dengan harga minyak dunia yang tinggi maka angka inflasi terus meningkat termasuk di Amerika Serikat, sehingga The Fed harus menaikan suku bunga agar menurunkan demand yang terjadi sehingga sesuai dengan supply yang ada. Kenaikan yang cukup agresif dilakukan oleh The Fed karena angka inflasi yang pada bulan Agustus mencapai 9,1% dan ini merupakan angka inflasi Amerika Serikat tertinggi dalam 40 tahun terakhir. Bulan September lalu angka inflasi AS mulai turun walaupun belum memenuhi target, dimana saat ini angka inflasi baru mencapai 8,2%, sehingga wajar apabila para pelaku pasar masih mempunyai ekspektasi bahwa The Fed masih akan menaikan suku bunga 75 bps pada pertemuan bulan depan pada tanggal 2 November.

 

Efek Terhadap Pasar

Dampak yang terjadi dipasar adalah likuiditas yang ketat dan berdampak pada perlambatan ekonomi di Amerika Serikat. Keadaan ini membuat safe haven akan menjadi pilihan bagi para pelaku pasar kedepannya, termasuk komoditas metal yaitu emas.

 

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair XAUUSD  bergerak dalam range  1630 – 1664

Baca Juga :   AUDNZD Bullish, Australia akan membuka kembali perjalanan ke India

Trading Plan :

Buy Limit 1596– 1630 dengan target 1664 – 1695

Stoploss 1547

Grafik XAUUSD timeframe D1

  

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang. Perhitungkan money management sangat diperlukan sebelum melakukan transaksi mengingat setiap transaksi dalam forex dapat berakibat habisnya dana ya

About Reza Aswin

Check Also

Dollar Kanada Akan Terpengaruh Pelemahan Harga Minyak

Rio Wibawa Instagram: @rw_fxfunda Jakarta, 21 November 2022, 11:14 WIB Harga minyak dunia kembali turun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami