Kebakaran Di Pipa Gas Druzhba Dan Perpanjangan Latihan Militer Russia Dan Belarusia Dapat Memicu Spekulasi Terjadinya Konflik Yang Berkepanjangan

Surabaya,21 Febuary 2022

Oleh: Leo Andre

Editor : Steven G. Tunas

 

            Presiden Joe Biden mengatakan dia yakin bahwa Presiden Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina. AS mengatakan Rusia telah mengumpulkan sebanyak 190.000 personel  termasuk pasukan, unit Garda Nasional dan separatis yang didukung Rusia  di dan sekitar Ukraina dalam apa yang disebutnya sebagai mobilisasi militer paling signifikan sejak Perang Dunia II. Rusia mengatakan kepada AS minggu ini bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menyerang, dan para pejabatnya telah berulang kali menolak peringatan AS.

            Media pemerintah Rusia melaporkan kebakaran di pipa gas yang terjadi setelah ledakan di daerah yang dikuasai separatis di timur Ukraina Jumat malam. Berdampak pada beberapa laporan media yang mengatakan ledakan itu menargetkan “pipa gas” Druzhba, meskipun Druzhba adalah pipa minyak utama yang melayani Eropa dan juga tidak benar-benar beroperasi di dekat daerah Luhansk yang memisahkan diri. Perusahaan negara yang mengelola jaringan pipa gas di Luhansk mengatakan api telah dipadamkan dengan cepat.

            Meski demikian Biden tetap percaya bahwa Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina dan di bawah invasi, termasuk serang di Kyiv yang dapat terjadi dalam beberapa hari ini. Karena sebelum nya terjadi serangan cyber di Ukraina yang membuat Biden yakin Russia  bertanggung jawab atas serangan dunia maya skala luas terhadap bank-bank Ukraina dan situs web pemerintah awal pekan ini. Membuat spekulasi AS tentang perkiraan pasukan russia yang berjumlah antara 169.000 dan 190.000 personel di dan sekitar Ukraina, termasuk separatis di daerah yang memisahkan diri di Donbas. Ditambah dengan rencana Rusia yang akan memperpanjang Latihan militer di Belarusia yang akan berakhir pada Minggu, kementerian pertahanan Belarusia mengumumkan. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan langkah itu hanya membuatnya lebih khawatir bahwa Rusia berada di ambang invasi. Moskow telah berulang kali membantah rencana tersebut.

 

 

 

Dampak Terhahap Pasar: EUR/USD Bearish

Entry Sell

R1: 1.139495

R2: 1.145554

R3: 1.155285

Take Profit:

S1: 1.125357

S2: 1.118564

S3: 1.112505

Sumber Berita:

https://www.reuters.com/world/europe/ukraine-reports-12-ceasefire-violations-by-separatists-saturday-morning-2022-02-19/

https://www.bloomberg.com/news/articles/2022-02-18/lavrov-to-meet-blinken-next-week-u-s-says-ukraine-update

https://www.dailymail.co.uk/news/article-10527897/Ukraine-crisis-Pro-Moscow-rebels-start-evacuating-civilians.html

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami