Kekhawatiran Ukraina Atas 120.000 Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina Dapat Membuat Safe Heaven EURJPY Menjadi Pilihan Pasar

Tangerang, 21 April 2021 12.35 WIB by Suzan Tengkar

 

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan Rusia akan segera memiliki lebih dari 120.000 tentara di perbatasan Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada hari Selasa mengajak  Vladimir Putin untuk bertemu dengannya di wilayah Donbass, Ukraina timur, untuk pembicaraan tentang mengakhiri konflik di sana dan meredakan ketegangan antara kedua negara.

Perselisihan Ukraina dan Rusia ketika Kyiv dan Moskow saling menyalahkan atas meningkatnya bentrokan di Donbass, tempat pasukan Ukraina bertempur melawan pasukan yang didukung Rusia dalam konflik yang menurut Ukraina telah menewaskan 14.000 orang sejak 2014. Ukraina, sekutu Baratnya dan NATO menuduh Rusia melakukan peningkatan pasukan “provokatif” di perbatasan timur Ukraina dan di Krimea. Rusia pada gilirannya menuduh Amerika Serikat dan NATO melakukan “aktivitas provokatif” di kawasan Laut Hitam. Kebuntuan tersebut telah mendorong Ukraina untuk mendesak negara-negara anggota NATO untuk menerima Ukraina ke dalam aliansi militer . Ia juga meminta Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi ekonomi baru pada Moskow tetapi mengakui bahwa UE mungkin belum siap untuk melakukannya.

Baca Juga :   Inggris Bersiap Longgarkan Pembatasan Pandemi Covid-19, Pair GBPUSD Cenderung Menguat

Sumber :

https://www.reuters.com/world/europe/russia-reach-over-120000-troops-ukraines-border-week-ukraine-says-2021-04-20/

https://www.reuters.com/world/europe/ukraines-zelenskiy-putin-meet-me-peace-talks-donbass-conflict-zone-2021-04-20/

 

Kesimpulan :

Lebih dari 120.000 tentara Rusia di perbatasan Ukraina akan menambahkan ketegangan Ukraina dan Rusia dan Uni Eropa belum siap ketika diminta untuk menjatuhkan sanksi ekonomi baru pada Moskow. Hal ini akan mempengaruhi  mata uang Uni Eropa

Ketegangan Ukraina Rusia dapat menjadikan safeheaven EURJPY  sebagai pilihan pasar kedepannya.

Efek terhadap pasar :

Kekhawatiran Ukarina terhadap jumlah tentara Rusia yang ada di perbatasan Ukraina dapat  melemahkan EURJPY

Trading Plan :

Sell Limit EURJPY di 130.67 – 131.65 dan Take Profit di 128.71 – 129.35

 

About Reza Aswin

Senior Fundamental Analyst. 20 tahun berkecimpung di dunia trading forex, komoditi, dan hingga kini aktif menjadi analis fundamental.

Check Also

Angka Inflasi Amerika Serikat Mereda

Jakarta , 16 Mei 2024 By. Reza Aswin Apa yang terjadi di pasar Angka inflasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami