Kenaikan Angka Inflasi AS Mereda

Jakarta , 19 Januari 2023 By. Reza Aswin

Apa yang terjadi di pasar
Data PPI yang tadi malam dirilis oleh Pemerintah Amerika Serikat menunjukan penurunan 0,5% untuk bulan Desember 2022. Data ini merupakan konfirmasi bahwa kenaikan angka inflasi di negara tersebut telah mereda. Selain itu data Penjualan ritel serta Survei Manufaktur Empire State kemarin, terlihat lebih lemah, dan ini menunjukan bahwa kebijakan moneter Fed untuk menurunkan angka inflasi di negara nya telah sesuai rencana dan bekerja dengan baik. The Fed menyebutnya dengan soft landing, dimana angka inflasi turun dengan resiko terjadinya kerusakan ekonomi yang relative kecil. Dengan melemahnya data aktivitas pabrikan serta jasa di Amerika Serikat maka tidak banyak alasan bagi The Fed untuk menjadi agresif dalam melakukan penarikan likuiditas kedepannya. Disisi lain Pemerintah Amerika Serikat sedang menghadapi kebuntuan batas hutang, dimana batas hutang adalah jumlah uang yang diijinkan oleh konstitusi untuk dipinjamkan dalam pembayaran tagihan. Sampai saat ini biaya operasional pemerintah, pada umumnya melebihi pendapatn pajak federal dan Pemerintah AS harus mengumpulkan uang dari hasil penjualan obligasi treasury. Pemerintah AS tidak dapat melakukan ini sebelum terjadi kesepakatan dengan Kongres Amerika Serikat.

Baca Juga :   Pelemahan Yen Yang Terlalu Dalam Membuat Trader Berspekulasi Jika BOJ Akan Melakukan Intervensi

Efek Terhadap Pasar
Ketidakpastian ekonomi dan politik di Amerika Serikat akan membuat harga emas dunia cenderung menguat kedepannya.

Ekspektasi Pasar
Diprediksi XAUUSD bergerak dalam range  1889 – 1922

Trading Plan :
Buy Limit  1859 – 1889 dengan target 1922 – 1955
Stoploss 1801

Grafik XAUUSD timeframe D1

Disclaimer
Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan menit bahkan jam, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang. Perhitungkan money management sangat diperlukan sebelum melakukan transaksi mengingat setiap transaksi dalam forex dapat berakibat habisnya dana yang ditransaksikan.

About Reza Aswin

Check Also

Eskalasi Ketegangan Geopolitik Meningkat

Eskalasi ketegangan geopolitik antara barat dan timur meningkat, setelah Amerika Serikat memutuskan untuk mengirim kendaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami