Kenaikan Inflasi Makanan Pokok Hingga 20% Di Australia Dapat Menekan Mata Uang AUD

Surabaya,14 Maret 2022

Oleh: Leo Andre

Editor : Steven G. Tunas

 

            Masalah yang disebabkan oleh ganguan logistik terkait dengan covid yang sedang berlangsung dan kekurangan tenaga kerja dapat menyebabkan inflasi yang tinggi tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomo yang dialami, ditambah dengan invansi Russia ke Ukraina tentunya akan menambah masalah baru yang harus di selesaikan. Hal tersebut juga berdampak ke negara Australia salah satunya yang paling berdampak adalah kacang panggang dan spageti kaleng yang merupakan salah satu dari 100 makanan pokok di Australia yang diperkirakan akan terkena kenaikan sebesar 20%, Robert Giles, kepala eksekutif produsen makanan kaleng SPC, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Australian Financial Review .Meski demikian perusahaan beralasan karena tidak memiliki pilihan selain menaikkan harga konsumen untuk mengurangi biaya input yang lebih tinggi, atau berpotensi gulung tikar.

            Lonjakan harga bahan bakar, gandum dan kemasan termasuk kaleng  adalah salah satu tekanan harga perusahaan, katanya. Meski demikian Biaya hidup bagi warga Australia semakin mendapat perhatian seiring inflasi yang mengikuti pemulihan ekonomi global. Topik tersebut kemungkinan besar akan muncul menjelang pemilihan nasional yang akan diadakan sebelum akhir Mei.

            Dilain sisi Federal Reserve minggu ini akan memulai kampanye multi-bulan untuk menaklukkan inflasi yang dapat membuat Ketua Jerome Powell bergerak lebih agresif setelah perang Rusia terhadap Ukraina mengipasi harga lebih lanjut. Dengan kenaikan 25 basis poin hampir pasti pada hari Rabu

Dampak Terhadap Pasar: AUD/USD Bearish

Entry Sell

R1: 0.730561

R2: 0.733704

R3: 0.736577

Take Profit

S1: 0.723785

S2: 0.719341

S3: 0.714029

Sumber Berita:

https://www.bloomberg.com/news/newsletters/2022-03-13/five-things-you-need-to-know-to-start-your-day?srnd=premium-asia

https://www.bloomberg.com/news/articles/2022-03-14/australia-inflation-to-drive-staple-food-prices-up-to-20-higher

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami