Langkah ECB Untuk Memberhentikan Stimulus Karena Inflasi Dapat Mendorong EUR Untuk Kenaikan Sementara

Surabaya,11 Maret 2022

Oleh: Leo Andre

Editor : Steven G. Tunas

 

Ketegangan di Ukraina yang membuat harga energi melonjak dengan cepat membuat ECB mengambil Tindakan yang lebih cepat untuk menekan angka inflasi dikarenakan kenaikan harga energi. Seperti yang sudah ditunggu oleh pelaku pasar kemarin malam Bank Sentral Eropa secara tak terduga mempercepat penghentian stimulus moneternya, menandakan bahwa mereka lebih khawatir tentang rekor inflasi daripada pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah karena invasi Rusia ke Ukraina mengancam untuk mendorong harga lebih tinggi lagi. Meski demikian pejabat ECB berjanji untuk memperlambat pembelian obligasi mulai awal Mei, dan mengatakan mereka dapat menghentikan program tersebut segera setelah kuartal ketiga. Mereka mencoba meredam itu dengan membuat kenaikan suku bunga berikutnya menjadi kurang otomatis.

 

Pelaku pasar mengambil Tindakan untuk penarikan lebih cepat dari pembelian asset sebagai tanda bahwa kenaikan suku bunga sudah dekat, sehingga berteruh pada kenaikan seperempat poin pada bulan oktober dari yang sebelum nya pada bulan desember. Ini bisa menjadi alasan kuat untuk Kenaikan EUR dalam waktu dekat.

Meski demikian kenaikan tahun ini tetap masih akan meninggalkan ECB di belakang beberapa rekan utamanya dalam menghadapi inflasi. Bank of Canada menaikkan suku bunga minggu lalu dan memperkirakan neraca akan menyusut dengan cepat setelah mulai kehabisan kepemilikan obligasi. Di Federal Reserve, kenaikan sudah pasti minggu depan.

 

Dampak Terhadap Pasar: EUR/USD Bearish

Entry Sell

R1: 1.118326

R2: 1.129796

R3: 1.14089

Take Profit:

S1: 1.105751

S2: 1.094247

S3: 1.081138

Sumber Berita:

https://www.bloomberg.com/news/articles/2022-03-10/ecb-unexpectedly-accelerates-stimulus-exit-citing-war-in-ukraine?srnd=economics-vp

Baca Juga :   Angka Inflasi AS diprediksi menyentuh 7.8%

About Reza Aswin

Check Also

Aksi Demonstrasi Massal Di Tiongkok Membukukan Kekuatan Safe Haven

Rio Wibawa Instagram: @rw_fxfunda Jakarta, 28 November 2022, 13:39 WIB Demonstrasi massal terjadi selama akhir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami