NAIKNYA TINGKAT PENGANGGURAN DI INGGRIS MELEMAHKAN GBP USD

Nur Endah Rini, Surabaya 27 Januari 2021, 08.00 WIB

Administrasi Biden membeli jutaan lagi dosis vaksin untuk mengekang virus.
Pemerintahan Biden akan membeli 200 juta lebih banyak vaksin virus korona dan menyalurkan lebih banyak ke negara bagian sekarang, dalam upaya untuk memenuhi janji presiden AS untuk mengekang pandemi, kata seorang pejabat senior pemerintah, Selasa.

Biden, yang menjabat pekan lalu, sedang berlomba untuk menahan virus karena varian yang menyebar lebih cepat mengancam untuk meningkatkan jumlah kematian di seluruh Amerika Serikat, yang telah terpukul parah.

https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-usa-biden/biden-administration-to-purchase-millions-more-vaccine-doses-to-curb-virus-idUSKBN29V28C

Tingkat pengangguran di Inggris naik tipis menjadi 5 persen dalam tiga bulan hingga November 2020 dari 4,9 persen pada periode sebelumnya dan sedikit di bawah perkiraan 5,1 persen. Ini adalah bulan ke-5 berturut-turut dari peningkatan pengangguran ke level tertinggi baru sejak tiga bulan hingga Agustus 2016, ketika sejumlah tindakan penguncian virus Corona diberlakukan kembali. Tingkat pekerjaan terus turun menjadi 72,5 persen, jumlah pemutusan hubungan kerja mencapai rekor tertinggi 14,2 ribu dan lowongan turun menjadi 578 ribu. Selain itu, jumlah orang yang tidak bekerja karena pandemi dan tidak menerima bayaran meningkat sedikit selama sebulan terakhir.

https://tradingeconomics.com/united-kingdom/unemployment-rate

Score Ekonomi terakhir: USD 1, GBP 0

Pertumbuhan score ekonomi: USD 0, GBP 0

 

Efek Terhadap Pasar:

Kesungguhan Bidden dalam memenuhi komitmennya dalam memerangi Covid 19 ditunjukkan dengan membeli jutaan lagi dosis vaksin untuk mengekang virus. Diharapkan actionnya bisa mengurangi penyebaran virus yang pada akhirnya ekonomi tumbuh, sehingga bisa menjadi driver naiknya nilai tukar USD.
Di satu sisi ekonomi Inggris sedang jatuh seiring dengan tingkat pengangguran yang meningkat ke level tertinggi sejak 5 tahun terakhir ketika sejumlah tindakan penguncian virus Corona diberlakukan kembali. Kondisi ini menyebabkan niai tukar GBP melemah, sehingga pair GBP USD berpotensi turun dalam beberapa waktu ke depan.

 

Trading Plan:

Sell Limit GBP USD di 1.3923 – 1.3788   dan TP di 1.3652 – 1.3562

About Reza Aswin

Check Also

Penyebaran Virus Covid-19 Varian B.1.617 akan berdampak pada Menguatnya XAU

Jakarta, 6 Mei 2021, 12:28 WIB by Rio Wibawa   Kondisi penyebaran serta angka infeksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami