No Reason to Change the Plans

Reza Aswin| 12 mei 2015

Data Non-Farm Payroll yang diharapkan akan membuat langkah besar bagi US Dollar ternyata tidak terwujud. Sebanyak 223k pekerjaan diciptakan pada bulan April, yang sangat dekat dengan forecast yang ada dan tingkat pengangguran turun menjadi 5,4%, level terendah dalam 7 tahun belakangan ini. Partisipasi angkatan kerja juga meningkat menjadi 62,8% dari 62,7%. Angka-angka ini mencerminkan terus membaiknya pasar tenaga kerja tapi penghasilan per jam rata melambat menjadi 0,1% sedangkan gaji Maret direvisi turun ke 85k dari 126k. Secara umum data ini positif untuk Amerika tetapi sekaligus menggambarkan perlambatan pertumbuhan ekonomi Amerika pada Kuartal Pertama. Apapun yang dirilis oleh Amerika, analis belum melihat suatu pandangan kedepan The Fed akan merubah rencana untuk kenaikan suku bunga di tahun ini, dimana kemungkinan September merupakan prediksi para analis The Fed mulai menaikan suku bunganya.

Disisi lain Euro mengalami penguatan terbatas dan cederung akan melemah kembali, mengingat krisis keuangan Yunani yang tidak akan pernah selesai walaupun upaya Troika sangat lah maksimal tetapi pemerintah yunani sangat sulit untuk membuat kesepakatan reformasi yang diminta kreditur. QE Euro Central bank masih akan bergulir terus dan beberapa analis memprediksi bahwa pelemahan euro masih akan berlanjut .

Sedangkan untuk Poundsterling membuat suatu kejutan dimana Kemenangan Perdana Menteri David Cameron mengirim sterling melonjak terhadap semua mata uang utama. Tapi kita harus ingat bahwa bukan berarti partai tersebut tetap berkuasa lalu berarti lampu hijau untuk membeli aset Inggris. Masih ingat Brexit 2017 dimana  keberadaannya sangat besar bagi pasar keuangan dan kemungkinan berkembang pasti akan memicu volatilitas tajam dalam aset Inggris. Perdana Menteri Inggris David Cameron berjanji “in / out” referendum Inggris keanggotaan Uni Eropa pada tahun 2017, setelah periode renegosiasi dengan Uni Eropa, jika Partai Konservatif memenangkan suara mayoritas di pemilihan umum Mei 7 2015 dan kenyataan David Cameron menang.

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami