October Surprise

Reza Aswin, 29 Oktober 2016

 

9 hari menjelang pemilihan presiden di Amerika Serikat, FBI Director James Comey membuka kembali penyelidikan terhadap email kenegaraan yang disinyalir telah dihapus oleh Hillary Clinton. Pasar uang langsung bereaksi keras sehingga Stock market berjatuhan dan Mata uang serta komiditas langsung meroket dalam waktu singkat.

Gadget saya langsung memberikan notifikasi, tanpa henti mulai dari WA, BB ,Telegram  baik private maupun group atau komunitas. Saya kadang heran dengan pernyataan Trader yang mengatakan bahwa “ Persetan dengan Fundamental atau News karena Gue Trading pake Teknikal “ tetapi justru merekalah yang paling banyak bertanya “ ADA BERITA APA YA ? KOK HARGA TIBA TIBA SEPERTI INI? “. Cek kembali track record orang yang anda percaya sebagai konsultan atau fund manager sebelum Dana anda terkuras habis dengan kambing hitam brokers anda karena terkena auto cut by system.

Sebenarnya apapun masalah yang timbul di dalam perdagangan forex sudah dapat di analisa berdasarkan data data yang masuk, karena dengan menganalisa data yang dirilis dapat memberikan prediksi arah market kedepannya dan dengan bantuan analisa teknikal yang cukup maka kita sudah dapat membuat Trading Plan,. Dengan trading plan yang jelas maka kita tinggal entry dimana reward & risk nya dimulai dari 2:1 sampai 4: 1 , kata Mr. Iman Profitea fx dalam suatu sharing bersama Traders Indonesia disuatu komunitas.

Banyaknya posisi open mendekati akhir bulan memang membuat adrenalin menjadi naik dan tingkat stress menjadi cukup tinggi. “ Jangan Panik” itu adalah kuncinya dan jika kita lihat semua hasil trading kita yang merah merona diawali dengan “kepanikan yang tidak terkendali”. Panik merupakan awal dari Margin Call dan dilanjutkan oleh auto cut by system. Bagaimana tidak PANIK !!! bukankah diawal bulan NOVEMBER 2016 akan diwarnai oleh :

  • Kebijakan Moneter dari Amerika, Jepang, Inggris dan Australia
  • Laporan sector tenaga kerja dari Amerika, Jerman, Selandia Baru dan Kanada

Dengan melihat kedua point diatas yang akan di rilis diminggu depan maka ini akan menjadi Minggu Seru bagi Traders yang mengerti analisa fundamental dan sudah ahli dalam penentuan entry point lewat analisa teknikal, tetapi bagi Newbie maka hindarilah trading di minggu depan karena diawali dengan October Surprise diakhir bulan maka akan ada November Margin Call di awal bulan.

Kenaikan Euro akan tertahan di 1.1020 dan paling jauh di 1.1080 terhadap US Dollar mengingat power full US Dollar setelah kenaikan GDP kwartal ke 3 adalah yang terbaik yang pernah ada. Sedangkan Poundsterling yang telah jatuh jauh ke level 30 tahun terendah tentunya akan sangat bergantung kepada Kebijakan Moneter minggu depan yang akan di rilis oleh Carney.Signal yang ditunggu pelaku pasar adalah penurunan forecast laju pertumbuhan ekonomi dan kemungkinan liquiditas keuangan oleh Bank of England. GBPUSD 1.24 merupakan target harga Jual bagi GBPUSD kedepannya. Yang paling menarik adalah USDJPY dimana setelah medekati level 100 maka tanpa harus menunggu berbulan bulan, USDJPY melayang diatas 105 dalam waktu cepat, ini merupakan prestasi dari bank of Japan tetapi jika ini dilanjutkan tanpa koreksi maka titik tertinggi pair ini 106. Jauhi pair ini karena teknikalnya melawan fundamental yg ada dimana BUY on DIPs masih berlaku untuk pair ini.

Bagaimana dengan US Dollar sebagai mata uang dunia, akankah dia bergerak menguat setelah adanya October surprise dari FBI investigation atau justru mempunyai kekuatan yang power full setelah laju pertumbuhan ekonominya terus membaik meninggalkan Negara Negara lainnya? Bagaimana dengan Kebijakan Moneter The Fed bulan November dan Desember serta kaitannya dengan Pemilihan Presiden Amerika? Bagaimana pergerakan Gold diawal tahun 2017? Akan dibahas tuntas dalam acara :

14721592_10154684939483620_7771969469986213776_n

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami