ON THE TABLE

Reza aswin | 16 Juni 2015

Puluhan pertanyaan yang masuk di Blackberry Messenger dan Whats Up di handpohone saya, 90% menanyakan apakah petinggi the fed akan menaikan suku bunga pada bulan ini, september atau awal tahun 2016 ? Pertanyaan ini akan mudah dijawab jika kita bisa menjawab pertanyaan dibawah ini.

Jika Anda menjadi seorang gubernur bank sentral amerika, apa yang akan Anda lakukan saat FOMC meeting  tanggal 18 Juni 2015 : “Menaikan suku bunga pada bulan ini, september atau tahun 2016 ?”

Saat kita dihadapkan kepada suatu permasalahan, maka sebaiknya kita mulai membuka kembali target dan data yang ada.

TARGET :

The Fed mempunyai target menurunkan tingkat pengangguran sampai dibawah 6% dan menaikan inflasi perekonomian amerika menjadi 2%. 

DATA :

ISM naik menjadi 52,8, Neraca perdagangan mengalami penurunan defisit menjadi -40,9 B, Retail sales mebaik menjadi 1,2% dan salah satu faktor inflasi yaitu PPI naik menjadi 0,5%. Klaim penganguran masih tetap pada angka yang rendah 279.000 dan Angka NFP cukup signifikan yaitu 280.000. 

EKSTERNAL :

China dan emerging market mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi dan eropa menghadapi krisis politik dan keuangan. Disisi lain permintaan minyak mentah dunia yang cenderung belum pulih dan produksi yang cederung naik memnyebabkan harga minyak dunia terlihat seperti stagnan.

RESIKO :

Apabila suku bunga dinaikan oleh The Fed, maka akan membuat wall streets terkoreksi tajam kedepannya, sehingga dapat menambah beban pertumbuhan ekonomi dunia, dimana keadaan ini sangat berbahaya bagi dunia usaha diseluruh negara, termasuk amerika.

Apabila suku bunga tidak dinaikan oleh The Fed, maka Wall streets menghasilkan bubble (gelembung) ekonomi, sehingga pada saat nya nanti keadaan ini memicu ledakAN ekonomi yg tidak terkendali dan akan membuat bencana ekonomi baru di Amerika dan negara lain didunia.

 

Kembali ke pertanyaan diatas :

Jika Anda menjadi seorang gubernur bank sentral amerika, apa yang akan Anda lakukan saat FOMC meeting  tanggal 18 Juni 2015 dengan melihat data data diatas : “Menaikan suku bunga pada bulan ini, september atau tahun 2016 ?”  

Jawaban paling strategis dari setiap analis dunia adalah ON THE TABLE

 

Ingin tahu jawabannya ? ikuti  ” LIVE TRADING” secara online , tg 18 Juni 2015″ pukul 00.00 wib. Trading Langsung secara on line bersama Para Investor Trader yang telah berpengalaman dan profesional.

silahkan daftarkan diri anda (NAMA, NO TELEPHONE & EMAIL anda) ke rz_aswin@yahoo.com, kami akan mengundang anda lewat email.

 

 

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami