PANDORA

Reza Aswin | 8 Juli 2015

 

Seperti yang telah kita bahas terdahulu bahwa kepanikan Pasar Stock akhir nya menular ke futures market. US Dollar dan Yen menjadi incaran pelaku pasar saat Risk Aversion berlangsung dan hanya gold yang tidak dapat memanfaatkan peluang ini. Akankah Yunani akan bertahan untuk beberapa waktu kedepan? keadaan menjadi sulit bagi para investor mengubah keadaan menjadi Risk ON dalam beberapa waktu kedepan. Neraca perdagangan amerika yang relatif sedikit naik dibandingkan bulan Mei, ternyata memberikan hasil penguatan US Dollar secara ekstrim setelah data tesebut di rilis.  Defisit neraca perdagangan naik 2,9%, disebabkan barang export amerika mencatat penurunan kerena penguatan mata uang US Dollar dan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia.

Sekarang kita bisa melihat jelas bahwa adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi diluar amerika mempunyai dampak besar bagi amerika atau negara lainnya, sehingga itu sebabnya krisis Yunani seperti kotak PANDORA. Didalam mitos Yunani ada sebuah kotak indah yang diberikan kepada Pandora oleh para Dewa sebagai hadiah pernikahan Pandora dengan Epimetheus. Kotak yang indah tersebut lalu dinamai kotak Pandora tetapi Pandora dilarang untuk membuka kotak tersebut. Karena penasaran Suatu hari, Pandora sangat penasaran dan kemudian membuka kotak tersebut. Setelah dibuka, tiba-tiba aroma yang menakutkan terasa di udara. Dari dalam kotak itu terdengar suara kerumunan sesuatu yang dengan cepat terbang ke luar. Pandora sadar bahwa dia telah melepaskan sesuatu yang mengerikan dan dengan segera menutupnya tapi terlambat, Pandora telah melepaskan teror ke dunia. Masa tua, rasa sakit, kegilaan, wabah penyakit, keserakahan, pencurian, dusta, cemburu, kelaparan, dan berbagai malapetaka lainnya telah bebas. Semua keburukan itu menyebar ke seluruh dunia dan menjangkiti umat manusia. Pandora sangat terkejut dan menyesal atas apa yang telah dilakukannya.

Pandora__s_Box_by_Cyril_Helnwein

 

Jika dicermati dari cerita diatas maka walaupun masih ada ruang untuk kompromi antara Kreditur dengan pemerintah Yunani tetapi landasan kepentingan politik dari kedua belah pihak sebenarnya sangatlah berbeda 180 derajat dan tidak dapat disatukan terutama prinsip dasar Jerman. Jerman takut jika menyerah kepada tuntutan Yunani maka akan membuka KOTAK PANDORA tentang renegosiasi utang untuk negara pinggiran lainnya di Zona Eropa.

Europe needs Greece, and Greece needs Europe,

Mulai lah mencari peluang dalam bertransaksi bukan membuat peluang dalam bertransaksi, Bagaimana menurut anda ?

 

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami