Pelemahan Yen Yang “Disengaja” Membuat USD/JPY Terus Melambung

21 April 2022 – Daniel Octavianus

Bank of Japan pada hari Rabu meningkatkan upaya untuk mempertahankan target imbal hasil, membuat penawaran baru untuk membeli obligasi 10-tahun dalam jumlah tidak terbatas selama empat sesi berturut-turut. “Mengingat pergerakan imbal hasil baru-baru ini pada catatan yang lebih panjang, kami telah mengumumkan pembelian obligasi dengan suku bunga tetap tanpa batas berturut-turut untuk mencapai kebijakan kami untuk memandu imbal hasil 10-tahun sekitar 0%,” kata BOJ dalam sebuah pernyataan.

Inflasi harga konsumen Kanada melampaui ekspektasi di bulan Maret, melonjak ke level tertinggi baru tiga dekade dan memperkuat ekspektasi Bank of Canada akan melanjutkan dengan kenaikan suku bunga agresif dalam beberapa minggu mendatang. Inflasi tahunan naik menjadi 6,7 persen bulan lalu, naik dari 5,7 persen pada Februari, Statistik Kanada melaporkan Rabu di Ottawa. Itu tertinggi sejak Januari 1991 dan melebihi estimasi median 6,1 persen dalam survei ekonom Bloomberg. “Kejutan inflasi hari ini secara substansial meningkatkan kemungkinan bahwa kita melihat kenaikan 50 basis poin lagi di bulan Juni,” Josh Nye, seorang ekonom di Royal Bank of Canada.

The Fed menaikkan suku bunga bulan lalu untuk pertama kalinya sejak 2018 dan para pejabat mengatakan mereka akan bergerak “secepatnya” untuk mengangkatnya kembali ke tingkat “netral” yang tidak merangsang atau memperlambat ekonomi. Pembuat kebijakan memperdebatkan apakah mereka perlu menaikkan suku bunga di atas netral — diperkirakan berada di sekitar 2,4% — dan seberapa besar, saat mereka memerangi inflasi tertinggi dalam empat dekade. Sejumlah pejabat Fed mengatakan mereka terbuka untuk memberikan peningkatan 50 basis poin ketika mereka bertemu di bulan Mei, sebuah langkah yang sepenuhnya dihargai di pasar uang. Presiden St Louis James Bullard pada hari Senin mengatakan langkah 75 basis poin tidak boleh dikesampingkan jika diperlukan.

Rusia menguji rudal berkemampuan nuklir yang disebut Putin sebagai yang terbaik di dunia. Putin diperlihatkan di TV yang diberitahu oleh militer bahwa rudal Sarmat yang telah lama ditunggu-tunggu telah diuji coba untuk pertama kalinya dari Plesetsk di barat laut Rusia dan mengenai sasaran di semenanjung Kamchatka, hampir 6.000 km (3.700 mil) jauhnya. “Senjata baru ini memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi dan mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern,” kata Putin.

Kesimpulan :

 

JPY –  akan melanjutkan pelemahan karena opsi untuk pembelian obligasi dengan jumlah tidak terbatas terus dilakukan.

CAD – naiknya inflasi akan kemungkinan diikuti kenaikan 50 basis poin yang membuat CAD kedepannya menguat

USD – kebijakan The Fed yang akan menaikkan suku bunga, dapat terus mempertahankan kekuatan dollar

EUR – keadaan perang yang hingga detik ini belum juga selesai serta pengujian rudal terbaru, mengakibatkan pelemahan EUR terus terjadi

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami