Pembangkit Nuklir Terbesar Di Eropa Terbakar Setelah Serangan Rusia Dapat Mendorong Harga Emas dan Oil Merangkak Naik

Surabaya,4 Maret 2022

Oleh: Leo Andre

Editor : Steven G. Tunas

 

            Konflik di Ukraina tampak nya semakin memanas karena Ukraina menolak menyerah dan tetap bertahan dari gempuran tentara Russia. Membuat Pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa terbakar menyusul serangan Rusia, kata menteri luar negeri Ukraina pada Jumat.Sebelum nya Rusia telah merebut pabrik Chernobyl yang sudah tidak berfungsi, sekitar 100 km sebelah utara ibu kota Ukraina, Kyiv. Tentunya ini menandakan sebagai serangan  terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua memasuki hari kesembilan, ribuan diperkirakan tewas atau terluka, 1 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina dan ekonomi Rusia telah diguncang oleh sanksi internasional. Meski demikian pada hari Kamis, Amerika Serikat dan Inggris mengumumkan sanksi terhadap lebih banyak oligarki Rusia, sebagai tindak lanjut dari tindakan Uni Eropa, saat mereka meningkatkan tekanan terhadap Kremlin, yang bisa membuat dampak ekonomi yang berat untuk Rusia.

            Dampak nyata dari Tindakan tersebut adalah meningkatnya harga energi seperti oil dan gas mengingat Russia adalah salah satu pemasok komoditas tersebut terbesar.Harga asset save heaven seperti emas juga mengalami kenaikan karena ada nya ketidakpastian dan inflasi di amerika yang juga sudah meningkat terlalu tinggi sejak 4 dekade dan mata uang yang paling terdampak adalah Euro.

            Disamping itu Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi khusus” yang tidak dirancang untuk menduduki wilayah tetapi untuk menghancurkan kemampuan militer tetangganya dan menangkap apa yang dianggapnya sebagai nasionalis berbahaya. Ia membantah menargetkan warga sipil.

 

Dampak Terhadap Pasar: EUR/USD Bearish

Entry Sell

R1: 1.106318

R2: 1.11102

R3: 1.114892

Take Profit

S1: 1.097191

S2: 1.091659

S3: 1.086958

Sumber Berita:

https://www.reuters.com/markets/europe/global-markets-wrapup-1-2022-03-04/

https://www.reuters.com/markets/europe/top-wrap-1-europes-largest-nuclear-power-plant-fire-after-russian-attack-mayor-2022-03-04/

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami