Perbaikan Hubungan UE dengan Inggris

Jakarta, 12 Juni 2021 : 16.40 WIB By : Irwan Pahlifi

Presiden Prancis Emmanuel Macron menawarkan pada hari Sabtu untuk mengatur ulang hubungan dengan Inggris selama Perdana Menteri Boris Johnson mendukung kesepakatan perceraian Brexit yang dia tandatangani dengan Uni Eropa.

Sejak Inggris menyelesaikan keluarnya dari UE akhir tahun lalu, hubungan dengan blok itu dan khususnya Prancis telah memburuk, dengan Macron menjadi kritikus paling vokal atas penolakan London untuk menghormati ketentuan bagian dari kesepakatan Brexit-nya.

Pada pertemuan di negara-negara kaya Kelompok Tujuh di Inggris barat daya, Macron mengatakan kepada Johnson bahwa kedua negara memiliki kepentingan bersama, tetapi hubungan itu dapat meningkat hanya jika Johnson menepati janjinya tentang Brexit, kata sebuah sumber.

“Presiden memberi tahu Boris Johnson bahwa perlu ada pengaturan ulang hubungan Prancis-Inggris,” kata sumber itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

“Ini bisa terjadi asalkan dia menepati janjinya dengan orang Eropa,” kata sumber itu, menambahkan bahwa Macron berbicara dalam bahasa Inggris kepada Johnson.

Istana Elysee mengatakan bahwa Prancis dan Inggris berbagi visi dan kepentingan bersama dalam banyak masalah global dan “pendekatan bersama untuk kebijakan transatlantik”.

Johnson akan bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Sabtu, di mana dia juga dapat mengangkat perselisihan tentang bagian dari kesepakatan perceraian UE yang disebut Protokol Irlandia Utara.

Pemimpin Inggris, yang menjadi tuan rumah pertemuan G7, menginginkan KTT untuk fokus pada isu-isu global, tetapi telah berdiri teguh pada perdagangan dengan Irlandia Utara, menyerukan Uni Eropa untuk lebih fleksibel dalam pendekatan untuk mengurangi perdagangan ke provinsi dari Inggris. .

 

“ Negara Penghasil Minyak terbesar menentang rekomendasi BEI”

LONDON — Dua negara penghasil minyak terbesar di dunia berencana untuk menentang rekomendasi Badan Energi Internasional dan terus berinvestasi dalam minyak dan gas, menolak seruan untuk secara drastis mengurangi penggunaan bahan bakar fosil meskipun krisis iklim semakin dalam.

Pembuat kebijakan berada di bawah tekanan besar untuk memenuhi janji yang dibuat sebagai bagian dari Perjanjian Paris, kesepakatan penting yang diakui secara luas sebagai sangat penting untuk menghindari dampak perubahan iklim yang paling merusak.

Hampir 200 negara, termasuk Rusia dan Arab Saudi, meratifikasi kesepakatan iklim Paris pada 2015, setuju untuk mengejar upaya untuk membatasi kenaikan suhu planet hingga 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri. Perjanjian tersebut mensyaratkan emisi gas rumah kaca nol bersih pada tahun 2050.

Hebatnya, IEA — penasihat energi terkemuka dunia — menyampaikan peringatan paling keras tentang penggunaan bahan bakar fosil global bulan lalu, dengan mengatakan eksploitasi dan pengembangan ladang minyak dan gas baru harus dihentikan tahun ini jika dunia ingin mencapai emisi nol bersih dengan pertengahan abad.

Berbicara di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg pada hari Kamis, Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan IEA seolah-olah sampai pada temuannya “dengan menggunakan perhitungan terbalik” tentang bagaimana mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050.

IEA tidak segera tersedia untuk mengembalikan permintaan komentar. Yang pasti, pengawas global teratas mengatakan menghentikan perkembangan minyak, gas, dan batu bara adalah hal mendasar untuk mencapai tujuan emisi nol bersih yang disepakati secara internasional.

“Dalam pandangan saya ini pendekatan yang sederhana. Itu juga tidak realistis,” kata Novak kepada Hadley Gamble dari CNBC , menurut sebuah terjemahan.

Setelah pertemuan Negara G7 dan pembicaraan bilateral antara presiden Petancis dg PM Inggris, diharapkan hubungan Negara Uni Eropa dan Inggris membaik.

Disisi lain Badan Energi Internasional mendesak Negara penghasil minyak terbesar untuk mengurangi produksi minyak, hal ini tentunya mempengaruhi harga minya dipasar.

Trading plan:

Analisa : BUY GBPCAD

Buy limit diharga :

  1. 71204
  2. 70840
  3. 70578

 

Take Profit : 1.72293

Data Ekonomi :

GBP           : 6,3

CAD           : -2,2

https://www.reuters.com/world/europe/exclusive-frances-macron-tells-uks-johnson-keep-your-word-brexit-deal-2021-06-12/

About Reza Aswin

Check Also

Krisis Bahan Bakar Membuat Warga Inggris Lebih Berhati Hati Dalam Berbelanja

Surabaya 12 Oktober 2021 Oleh: Leo Andre             Konsorsium Ritel Inggris mengatakan belanja ritel kehilangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami