Wednesday , 30 November 2022

Pernyataan BOC, Membuat USD Terkoreksi

14 April 2022 – Daniel Octavianus

Rusia dan Ukraina memproduksi sekitar 30% gandum dan jelai di Bumi dan menyediakan sebagian besar gandum yang dibeli oleh 36 negara. Perang Rusia di Ukraina telah mengambil korban dramatis pada ekonomi dunia dan menempatkan sebagian besar populasi dunia, terutama di negara-negara berkembang, pada peningkatan risiko bahaya. Krisis tersebut telah menyebabkan “badai sempurna” gangguan terhadap pasar pangan, energi, dan keuangan global yang “mengancam akan berdampak negatif terhadap kehidupan miliaran orang di seluruh dunia,” kata PBB.

Bank of Canada pada Rabu menaikkan suku bunga setengah poin persentase – langkah tunggal terbesarnya dalam lebih dari dua dekade dan menjanjikan lebih banyak kenaikan untuk memerangi inflasi yang melonjak yang sebagian didorong oleh perang di Ukraina. Bank sentral menaikkan suku bunga acuannya menjadi 1% dari 0,5%. Ia juga mengatakan akan memungkinkan obligasi pemerintah yang dikumpulkannya selama pandemi COVID-19 bergulir saat jatuh tempo mulai 25 April, memulai apa yang dikenal sebagai pengetatan kuantitatif.

Lebih dari tiga perempat perusahaan Jepang mengatakan yen telah menurun hingga merugikan bisnis mereka, sebuah jajak pendapat Reuters menemukan, dengan hampir setengah dari perusahaan mengharapkan pukulan terhadap pendapatan. Mata uang jatuh ke level terendah terhadap dolar dalam sekitar 20 tahun pada hari Rabu, merosot melewati 126 yen. Ini telah mengurangi beberapa kerugian dan diperdagangkan pada 125,6 yen pada hari Kamis.

Dolar AS melemah kembali dari level tertinggi hampir dua tahun pada Rabu karena euro berbalik arah dan berbalik positif menjelang pertemuan penetapan kebijakan di Bank Sentral Eropa pada Kamis. “Dolar baru saja melemah selama berminggu-minggu sekarang, dan saya pikir menjelang ECB besok (Kamis) memberikan alasan yang nyaman bagi pasar untuk membukukan keuntungan dalam kenaikan dolar,” kata Joe Manimbo, senior. analis pasar di Western Union Business Solutions di Washington.

Baca Juga :   Keputusan Bank Sentral Inggris, Dapat Membuat Pair EUR/GBP Bearish dan XAU/USD Bullish

Inflasi harga konsumen Inggris melonjak ke level tertinggi dalam tiga dekade bulan lalu, mengintensifkan tekanan pada Perdana Menteri Boris Johnson dan menteri keuangannya Rishi Sunak untuk meringankan tekanan biaya hidup. Tingkat inflasi tahunan naik menjadi 7,0% pada Maret dari 6,2% pada Februari, tertinggi sejak Maret 1992. Kenaikan harga secara luas, mulai dari bahan bakar kendaraan hingga makanan dan furnitur, berada di balik kenaikan tersebut.

Kesimpulan :

EUR – masih berlanjutnya perang di Ukraina, menyebabkan rantai pasokan dan energi terganggu. Hal tersebut dapat menyebabkan mata uang EUR ikut melemah.

CAD – bank sentral Canada menaikkan suku bunga dan memulai tapper, membuat CAD menguat.

JPY – lambatnya keputusan pemerintah dalam menaikkan suku bunga dan terus melakukan pembelian obligasi, membuat mata uang JPY terus melemah. Target buy UJ sampai dengan 130.

USD – dollar mengalami koreksi sesaat. Memungkinkan mata uang lainnya untuk terkoreksi naik sementara.

GBP – Inflasi yang tinggi dapat membuat mata uang tsb mengalami pelemahan kedepannya

Perhatian Khusus

Pukul 18.45 akan ada meeting ECB
Pukul 19.30 keluar data penjualanan dari AS
Untuk hari Jumat, sebagian besar akan bank holiday

About Reza Aswin

Check Also

Dollar Kanada Akan Terpengaruh Pelemahan Harga Minyak

Rio Wibawa Instagram: @rw_fxfunda Jakarta, 21 November 2022, 11:14 WIB Harga minyak dunia kembali turun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami