Pernyataan The Fed adalah Hawkish

Reza Aswin | 29 Oktober 2015

 

Dengan menyingkirkan keadaan inflasi dan perlambatan pertumbuhan dunia, tadi malam The Fed tidak menaikan suku bunga dan membuat pernyataan yang terlihat kembali mengambil alih situasi tidak menentu di money market. Pertama sejak tahun 1999 di mana pembuat kebijakan the Fed menyiratkan kenaikan suku bunga kemungkinan pada pertemuan berikutnya, suatu pernyataan yang sangat jarang dilakukan oleh Bank sentral Amerika, Desember merupakan waktu yang spesifik dan mengirimkan sinyal kuat ke pasar bahwa Fed melihat prospek pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan ekspektasi inflasi yang lebih tinggi.

Saat ini terlihat jelas bahwa mata uang euro seperti tidak mempunyai daya untuk kembali menguat setelah the Fed mensignalkan normalisasi dalam waktu dekat dan ECB tentunya akan menambah stimulus jika data ekonomi eropa terlihat kembali memburuk. Secara teknis 1.08 merupakan support kuat sebelum euro menembus melewati 1.05 terhadap US Dollar.

Dalam waktu dekat Bank sentral dunia harus dengan cepat membuat penyesuaian karena pernyataan The Fed diatas. Bank of Japan akan di tunggu oleh market untuk melakukan perluasan QE dari 5 Trilliun ke 20 Trilliun yen mengingat pesanan mesin, produksi industri, kepercayaan konsumen dan penjualan ritel merosot tajam. RBA kembali harus mempertimbangkan pemangkasan suku bunga guna mengantisipasi rusaknya perekonomian dinegaranya.

About Reza Aswin

Check Also

Penyebaran Virus Covid-19 Varian B.1.617 akan berdampak pada Menguatnya XAU

Jakarta, 6 Mei 2021, 12:28 WIB by Rio Wibawa   Kondisi penyebaran serta angka infeksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami