Potensi Inflasi Harga Konsumen akan Naik Di Angka 2% Membuat Yen Melemah

Surabaya,16 Maret 2022

Oleh: Leo Andre

Editor : Steven G. Tunas

 

Setelah sekian lama BOJ ingin menaikkan target inflasi menjadi di atas 2%, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda menghadapi prospek memukul jenis inflasi 2% yang salah setelah sembilan tahun mencoba, hasil yang akan memperumit upayanya untuk terus mendorong stimulus. Lebih banyak ekonom sekarang memprediksi harga konsumen inti akan naik pada kecepatan 2% atau lebih di beberapa titik tahun ini karena harga energi melonjak akibat perang di Ukraina, melemahnya yen dan menstabilkan biaya telepon menyebabkan inflasi.

BOJ diperkirakan akan mempertahankan semua pengaturan kebijakannya pada pertemuan bank sentral minggu ini, hanya beberapa hari setelah Federal Reserve siap untuk menaikkan suku bunga AS untuk membantu menjinakkan harga yang meningkat.Meski BOJ perlu untuk berpegang pada stimulus di Jepang akan menjadi semakin sulit jika pertumbuhan harga mencapai 2% dan yen terus merosot, sementara bank sentral global lainnya terus memperketat kebijakan.

Menurut Perhitungan Bloomberg News menunjukkan bahwa, dikombinasikan dengan harga minyak saat ini, tingkat yen dan biaya listrik yang diumumkan, inflasi akan melampaui 2% pada bulan April jika dampak penuh dari biaya telepon menghilang.Β Tapi itu tidak diharapkan terjadi sampai Oktober, meninggalkan pertumbuhan harga di bawah 2% bulan depan berdasarkan faktor-faktor ini.Namun, dengan tagihan listrik yang tertinggal dari harga minyak dan gas hingga enam bulan, lintasan menuju 2% terlihat jelas, dan dapat dipercepat jika perang memicu lebih banyak kenaikan biaya minyak mentah dan komoditas.

Ditambah dengan pernyataan BOJ pekan lalu yang tidak perlu mengubah kebijakan moneternya karena inflasi yang dapat mendorong biaya negatif bagi perekonomian dan tidak akan mengarah pada inflasi yang berkelanjutan.

Dampak Terhadap Pasar:USD/JPY Bullish

Entry Buy

S1:Β  117.77

S2: 117.10

S3: 116.54

Take Profit

R1: 119.02

R2: 119.78

R3: 120.54

Sumber Berita:

https://www.bloomberg.com/news/articles/2022-03-14/kuroda-risks-hitting-inflation-goal-in-a-way-he-doesn-t-want?srnd=economics-vp

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami