Putin mempersenjatai pasokan gas ke Eropa akan ‘sangat merusak’ bagi Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin harus membayar harga jika dia ingin “mempersenjatai” pasokan gas ke Eropa ketika ketegangan Rusia-Ukraina meningkat, kata pakar energi Dan Yergin.

Dengan demikian, skenario yang lebih mungkin adalah bahwa pasokan gas dapat terganggu karena kekerasan di wilayah tersebut, daripada akibat penggunaan senjata, katanya kepada “Squawk Box Asia” CNBC pada hari Selasa.

Rusia menyediakan lebih dari 30% gas alam Eropa, dan pasar gas Eropa dihubungkan oleh jaringan pipa, beberapa di antaranya melewati Ukraina.

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina  meningkat  dalam beberapa bulan terakhir karena Rusia membangun sekitar 100.000 tentara di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina.

Setiap konfrontasi memiliki potensi untuk mengacaukan seluruh wilayah mengingat lokasi Ukraina – yang memisahkan Rusia dan Uni Eropa.

Saat ini, ada “banyak kegugupan” di pasar minyak, kata Yergin. Harga telah naik karena pasokan yang ketat, tetapi juga mendapatkan dukungan dari ketegangan Rusia-Ukraina.

Harga minyak mentah melonjak hingga di atas $90 per barel baru-baru ini, mewakili peningkatan hampir 20% tahun ini, dan reli lebih dari 60% sejak awal 2021.

Beberapa analis memperkirakan bahwa harga minyak bisa melonjak hingga $100 per barel.

Yergin mengatakan bahwa itu bisa menjadi ulangan tahun 2011, ketika harga minyak mentah naik ke $100 dan bertahan di level itu selama tiga tahun.

OPEC dan mitra non-OPEC, aliansi energi yang dikenal sebagai OPEC+, telah memutuskan untuk mengembalikan sebagian pasokan ke pasar, dengan tambahan 400.000 barel per hari untuk bulan Maret.

Tetapi Yergin mengatakan beberapa produsen dapat berjuang untuk kembali ke tingkat produksi sebelumnya.

“Tidak semua produsen bisa kembali ke level lama, karena kurang investasi, karena kurang perawatan. Jadi mereka tidak mengembalikan 400.000 barel per hari ke pasar. Mereka memasukkan lebih sedikit ke dalamnya, ”katanya kepada CNBC.

Tren bearish utk pair EUR/CAD

TF :  D1

Indikator ekonomi : EUR (-1.04) CAD (-0.36)

Trading plan (Sell) :

R1        :           1.4522                                       S1        :           1.4472

R2        :           1.4592                                       S2        :           1.4434

R3        ;           1.4633                                       S3        :           1.4384

https://www.cnbc.com/2022/02/09/energy-expert-dan-yergin-on-russia-ukraine-tensions-gas-prices.html

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami