Reli Minyak Menembus Diatas $100 Barel Dapat Membuat CAD Dapat Menguat

Surabaya,2 Maret 2022

Oleh: Leo Andre

Editor : Steven G. Tunas

 

Ditengah ketegangan antara Ukraina dan Russia ternyata berdampak kepada beberapa komoditas ekspor Russia, salah satunya adalah batu bara dan minyak. Jika kita melihat kemarin beberapa negara melakukan berbagai cara untuk menekan harga minyak tetap di bawah level $100 per barel agar inflasi yang terjadi karena pemulihan ekonomi setelah terkenal covid 19 tidak dapat naik lgi dan cenderung turun. Tampaknya ekspektasi pelaku pasar ternyata tidak sesuai dengan yang di harapkan, kemarin harga minyak brent sudah menyentuh $110 per barel. Langkah-langkah untuk memanfaatkan cadangan gagal meredakan kekhawatiran atas pasokan karena hukuman meningkat di Rusia yang kaya sumber daya.Jika kita melihat  menggunakan indeks komoditas harga sudah melonjak sejak 2009 ke rekor, yang dapat membuat masalah baru terhadap aliran energi. Tentunya ini yang mendorong beberapa mata uang dan komoditas salah satunya adalah CAD,AUD, dan XAU yang cenderung menguat beberapa hari ini, Sedangkan mata uang seperti EUR yang cenderung melemah karena jika konflik terus terjadi dan harga energy melanjutkan reli maka mata uang ini yang paling terkena dampaknya. Mengingat eksportir utama gas di daerah eropa adalah dari Russia.

 

Kenaikan harga minyak ini juga dapat meredam ekspektasi seberapa tajam Federal Reserve akan menaikkan suku bunga. Karena pasar telah memperhitungkan risiko kenaikan setengah poin di bulan Maret. Pedagang di Inggris dan Eropa juga telah memutar balik taruhan kenaikan suku bunga. Beberapa alas an yang bisa menjadi pertimbangan adalah perang dan sanksi yang semakin berat terhadap Rusia meningkatkan risiko perlambatan ekonomi dan tekanan harga yang terus-menerus. Latar belakang itu membuat The Fed dan bank sentral utama lainnya terikat ketika mereka mencoba melawan inflasi tanpa menggagalkan pertumbuhan. Ketidakpastian seperti itu dapat memicu lebih banyak perubahan pasar.

 

Meski demikian Rusia mengatakan akan terus maju dengan invasi ke Ukraina saat konflik memasuki tahap yang lebih brutal. Pada saat yang sama, gerakan untuk mengisolasi dan menekan sistem keuangan dan ekonomi Rusia semakin meningkat.

 

Dampak Terhadap Pasar: EUR/CAD Bearish

Entry Sell

R1: 1.425078

R2: 1.432148

R3: 1.439217

Take Profit:

S1: 1.408415

S2: 1.400841

S3: 1.394781

Sumber Berita:

https://www.bloomberg.com/news/articles/2022-03-01/stocks-to-drop-bonds-up-as-oil-surge-dims-outlook-markets-wrap

About Reza Aswin

Check Also

Angka CPI Amerika Serikat Menurun, Namun Masih Melebihi Ekspektasi

Rio Wibawa Jakarta, 12 Mei 2022, 11:59 WIB   Tingkat inflasi Amerika Serikat yang dirilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Hubungi Kami