Sentimen konsumen AS meningkat karena masyarakat menengah meningkatkan konsumsi

Jakarta 26 Juni 2021, 15:00 WIB

Oleh : Muhamad Ibrohim

(Reuters) – Sentimen konsumen AS meningkat pada bulan Juni, didorong oleh prospek ekonomi yang membaik di antara masyarakat menengah , sebuah survei yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan.

Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan naik ke pembacaan akhir 85,5 dari level akhir Mei di 82,9, meskipun itu di bawah pembacaan awal Juni di 86,4.

Itu di bawah perkiraan median 86,5 di antara ekonom yang disurvei oleh Reuters.

“Semua kenaikan bulan Juni terjadi di antara Masyarakat dengan pendapatan di atas $100.000, dan terutama dalam cara mereka menilai prospek ekonomi masa depan,” kata direktur survei Richard Curtin dalam sebuah pernyataan. Juga, rekor 56% responden mengharapkan penurunan pengangguran di tahun depan.

Barometer survei kondisi ekonomi saat ini turun ke 88,6 dari 89,4, dan juga turun dari pembacaan awal Juni di 90,6.

Ukuran survei ekspektasi konsumen melonjak ke 83,5 di bulan Juni dari 78,8 di bulan Mei, tetapi turun sedikit dari pembacaan pertengahan bulan di 83,8.

“Meskipun banyak yang optimis tentang berakhirnya pandemi secara bertahap, konsumen masih menilai risiko dari varian COVID yang muncul cukup besar,” kata Curtin. “Kemungkinan konsumen tidak akan mengurangi tabungan dan kekayaan mereka ke tingkat sebelum pandemi, tetapi mempertahankan tingkat dana pencegahan yang lebih tinggi.”

Ekspektasi inflasi satu tahun survei turun menjadi 4,2% dari pembacaan akhir Mei sebesar 4,6%, sedangkan prospek inflasi lima tahun survei turun menjadi 2,8% dari 3%.

“Ekspektasi inflasi tahun depan tidak hanya turun sedikit menjadi 4,2% pada Juni dari puncak dekade Mei sebesar 4,6%, konsumen juga percaya bahwa lonjakan harga sebagian besar akan bersifat sementara,” kata Curtin. “Kekuatan yang tumbuh dalam ekonomi berarti bahwa hampir tiga perempat dari semua konsumen memperkirakan kenaikan suku bunga selama tahun depan, proporsi tertinggi sejak 2018 ketika ekonomi mendekati puncak terakhirnya.”

Referensi

https://www.reuters.com/article/us-usa-economy-sentiment/u-s-consumer-sentiment-rises-as-wealthy-households-improve-outlook-idUSKCN2E123Y

Skor data ekonomi USD 5 Yen  -2 , Selisih 7. Jadi  BUY USD/JPY

Trading plan BUY

S1= 110.508

S2= 110.243

S3 = 110.005

TP =111.011

 

Tampilan Grafik dail USD/JPY

About Reza Aswin

Check Also

SIDNEY MEMPERPANJANG LOCKDOWN

Valentinus, 29 Juli 2021 Wabah covid semakin memburuk di sidney australia, pemerintah akan memperpanjang lockdown. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami