Pensioners struggle to enter a National Bank branch to receive part of their pension in Iraklio on the island of Crete, Greece, July 2, 2015. REUTERS/Stefanos Rapanis

The CONSEQUENCES

Reza Aswin | 3 Juli 2015

 

Penolakan PM Yunani akan proposal kesepakatan penghematan yang disodorkan oleh Troika berdampak terhadap negara dan rakyat yunani. Penutupan lantai bursa dan perbankan di negara tersebut membuat antrian panjang para deposan untuk mengambil dana mereka yang tersimpan di bank, sehingga disinyalir uang cash akan habis hari selasa jika setiap orang yunani menarik dana 60 euro/ hari.

Negara dengan tingkat pengangguran mencapai 25% dan banyak keluarga yang hidup dari dana pensiun, ini akan menentukan masa depannya pada tanggal 5 juli 2015 melalui referendum : Apakah akan hidup berhemat atau Abaikan tuntutan kreditor & keluar dari Uni Eropa.

Banyak yang menanyakan kepada saya bagaimana konsekwensi dari hasil referendum Yunani nantinya.

Jika hasil REFERENDUM adalah “NO” :  Sistem keuangan Yunani akan runtuh dan tentunya investor akan mempertanyakan kesatuan uni eropa dan tentunya ini akan berimbas pada Grexit. Grexit secara umum memang menyebabkan rasa takut bagi semua orang sehingga saat terjadi vote ” No” maka target EURUSD 1,05xx, tetapi kita juga perlu melihat dari sisi lain dimana keluarnya Yunani dari Euro Zone akan membuat keuangan dieropa menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. Sedangkan untuk mata uang rejection of the greek referendum akan mengirim USDJPY dibawah 122.

Jika hasil REFERENDUM adalah “YES” : Ini lebih rumit lagi karena Tspiras dan Varioufakis berjanji untuk mengundurkan diri jika pemilih memberikan suara YES dan tentunya akan menyebabkan pemilu baru. Jika dilihat lebih detail maka selain ketidakpastian keuangan terjadi pula ketidakpastian politik . Ketidak pastian politik dapat berupa jika Tsipras memutuskan untuk tetap tinggal di kantor demi melaksanakan tuntutan rakyat dengan menegosiasikan kontrak baru. Ketidak pastian keuangan dapat berupa apakah Yunani dan kreditor dapat menyetujui kontrak baru sebelum 20 Juli, ketika Yunani berutang ECB € 3,5 Milyard. Walaupun harga akan terdorong naik  setelah referendum “YES” tetapi euro masih dalam tekanan jual di level 1.13xx – 1.15xx .

STRATEGY : Jika kita melihat gagal bayar pemerintah Yunani tehadap IMF menghasilkan euro GAP DOWN 200 pips (2000 point) maka jika akhir pekan ini mata uang tidak bergerak banyak, secara teori maka setelah referendum akan terjadi gap atau paling tidak semua pair akan mempunyai fluktuasi yang tinggi. untuk itu ada baiknya kita menutup semua posisi yang terbuka mengingat semua mata tertuju pada hasil referendum di yunani.

Cobalah untuk bertransaksi secara bijak…..have a nice trade

 

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami